spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Lakukan 3 Tips Sederhana Ini, Apabila Speaker Smartphone Terkena Air

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Speaker smartphone merupakan salah satu komponen penting yang ada di smartphone, memiliki kualitas suara smartphone yang bagus menjadi dambaan bagi seluruh penggunanya.

    Tanpa terkecuali, saat ini banyak produsen smartphone yang berlomba-lomba untuk mewujudkan smartphone dengan kualitas suara yang sangat jernih.

    Namun, speaker yang terdapat pada smartphone tersebut merupakan barang yang sangat sensitif dan perlu dijaga oleh setiap pengguna smartphone.

    Baca Juga: Gadis 16 Tahun ini 100 Kali Operasi Plastik, Begini Penampakannya Sekarang

    Pasalnya, sering sekali terjadi kasus dimana kualitas speaker menjadi jelek (rebek) akibat dari kelalaian penggunanya. Mungkin para pengguna smartphone pernah mengalami speaker handphonenya terkena air atau terkena debu.

    Lakukan tips sederhana berikut jika speaker smartphone terkena air atau debu.

    1. Download Aplikasi Speaker Cleaner di Playstore.

    Speaker Smartphone
    Ilustrasi (Web)

    Tips yang pertama pengguna bisa mendownload sebuah aplikasi pembersih speaker yang sudah tersedia di playstore, Jika di pengaturan handphone tidak tersedia speaker cleaner aplikasi ini sangat rekomended sekali.

    Aplikasi ini sangat mudah digunakan, saat pertama memasuki aplikasi pengguna akan diarahkan untuk membaca terlebih dahulu panduannya. Lalu tinggal klik Clean Speaker tunggu selama satu menit aplikasi akan menjalankan tugasnya dan mulai memutarkan suara dari dalam speaker smartphone.

    Pembersihan tersebut akan lebih efektif jika smartphone diletakan dalam posisi potrait atau posisi speaker ada dibawah.

    2. Memutar Suara tester pendengaran telinga dari YouTube.

    Untuk tips yang kedua mungkin bisa dibilang sangat aneh. Mungkin sebagian orang tidak akan percaya bahwa memutar suara tester telinga dari YouTube dapat memperbaiki kualitas speaker smartphone yang terkena air.

    Nyatanya hal tersebut sangat ampuh untuk memperbaiki kualitas speaker, selain itu cara ini juga sangat sederhana pengguna tinggal searching di YouTube dengan memasukan kata kunci ‘Tester suara telinga’ lalu kuatkan volume pada smartphone, dan tunggu sampai tester tersebut selesai.

    Putar sound tersebut sampai air dan debu yang ada di speaker handphone keluar. Sama seperti tips yang pertama posisi smartphone harus potrait atau berdiri sembari digoyang-goyangkan agar mempermudah proses keluarnya air yang ada di speaker.

    3. Keringkan Dengan Hairdryer.

    Speaker Smartphone
    Hairdryer (Web)

    Untuk tips yang terakhir yaitu lakukan pengeringan dibagian speaker yang terkena air dengan menggunakan Hairdryer. Selain untuk mengeringkan rambut ternyata hairdryer juga dinilai sangat ampuh untuk mengatasi speaker handphone yang terkena air.

    Pengguna tinggal siapkan hairdryer lalu arahkan ke bagian speaker lalu, tunggu sampai bagian dalam speaker tersebut kering.

    Selain itu cara ini juga ampuh untuk membersihkan debu yang ada di speaker handphone yang tentunya akan membuat kualitas smartphone menjadi bagus.

    Itulah tiga tips sederhana untuk memperbaiki speaker smartphone (handphone) yang terkena air berdasarkan riset dan pantauan oleh fokusjabar.id dari berbagai sumber. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

    (Fauza/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img