spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Oded: Kelurahan Sukamiskin Jadi Pencontohan KBS

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta semua wilayah menduplikasi Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, dalam pengelolaan sampah. Kelurahan Sukamiskin dinilai telah berhasil memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

    Hal itu dikatakan Oded usai meninjau Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung pada Jumat (29/1/2021). Dalam kunjungannya, Oded melihat kolam lele, urban farming, maggot dan pengelolaan sampah organik menjadi makanan ayam.

    Oded menilai, RW 17 Kelurahan Sukamiskin lebih inovatif yakni memiliki kolam retensi dan keramba apung untuk ikan lele maupun nila. Warga pun telah mandiri dan mampu mengelola sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

    “Kelurahan disini sebagai percontohan KBS (Kawasan Bebas Sampah) dengan konsep Kangpisman. Bukan hanya itu, waste to food juga di sini sudah diterapkan,” kata Oded di Komplek Sarimas RW 17 Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Jabar, Jumat (29/1/2021).

    BACA JUGA: Perangi Covid-19, Oded Minta Semua Kompak

    Menurutnya, warga mampu menerapkan bimbingan dari dinas terkait dengan baik. Contohnya, di RW 01 yang memiiki tempat pengelolaan sampah terpadu (TPSP) yang dipimpin langsung Ketua RW Wawan Setiawan.

    FOKUSJabar.id Oded
    (FOTO: Istimewa)

    “Pengelolaannya bagus, sampah anorganik dimanfaatkan. Organik apalagi, bisa jadi pakan ayam. Potensi di sini ada kolam yang dibangun dari 2017. Alhamdulilah, warganya memberdayakan dengan konsep kolam terapung. Ini terus dimanfaatkan agar warga lebih sejahtera,” kata Oded.

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img