spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    RAT KONI Jabar 2020 Tetapkan Lima Cabor Anggota Baru

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Jabar tahun 2020 yang digelar di Hotel Preanger, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, 14-15 Desember 2020, memutuskan menerima lima cabang olahraga sebagai anggota baru. Selain itu, tiga organisasi cabang olahraga hasil pemekaran PABBSI Jabar pun disetujui sebagai anggota baru.

    Kelima cabang olahraga yang menjadi anggota anyar KONI Jabar yakni Hapkido Indonesia, E-Sport (E-Sport Indonesia, ESI), Triathlon (Federasi Triathlon Indonesia, FTI), ice skating (Federasi Ice Skating Indonesia, FISI), dan selancar ombak (Persatuan Selancar Ombak Indonesia, PSOI). Sedangkan tiga cabang olahraga hasil pemekaran PABBSI yakni angkat besi (PABSI), angkat berat (Pabersi) dan Binaraga (PBFI).

    “Kehadiran lima cabang olahraga serta tiga cabang olahraga pemekaran PABBSI ini sebagai konsekuensi aturan karena mereka sudah menjadi anggota KONI Pusat sehingga secara otomatis harus kita terima (jadi anggota KONI Jabar),” kata Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin usai pelaksanaan RAT KONI Jabar 2020, Selasa (15/12/2020).

    Ahmad mengatakan, pihaknya pun sudah meminta setiap cabang olahraga yang menjadi anggota baru untuk melengkapi persyaratan secara organisasi. Salah satunya terkait syarat minimal ketersediaan pengurus kota/kabupaten di Jabar.

    “Untuk mempercepat proses ketersediaan pengcab di setiap cabang olahraga, saya sudah sampaikan untuk segera tindak lanjuti. Minimal harus memiliki enam pengcab dan itu sudah siap dilakukan mereka,” kata Ahmad.

    BACA JUGA: Ciamis Gantikan Kota Tasikmalaya Sebagai Tuan Rumah Porprov XIV Jabar 2022

    Dengan diterimanya lima cabang olahraga tersebut, KONI Jabar pun berharap cabang olahraga yang bersangkutan bisa menjadi bagian dari pelaksanaan PON. Setidaknya untuk gelaran PON XXI tahun 2024 di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh bisa menjadi cabang olahraga resmi yang dipertandingkan.

    “Kita sendiri akan segera menindaklanjuti dari sisi ketersediaan atletnya. Dan saya cukup optimis dengan lima cabang olahraga baru ini yang dari sisi ketersediaan atlet dan prestasi sudah cukup baik. Meski merupakan cabang olahraga baru, namun sudah menunjukkan perkembangan yang bagus,” kata Ahmad.

    fokusjabar.id RAT KONI Jabar
    Wakil Ketua I Bidang Organisasi FTI Jabar Budi Waliana menerima pataka bendera FTI dari Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin sebagai tanda diterima sebagai anggota KONI Jabar pada RAT KONI Jabar 2020. (FOTO: Istimewa)

    Sementara Ketua Umum FTI Jabar Gunaryo menyambut baik dan mengapresiasi dengan diterimanya Triathlon sebagai anggota baru KONI Jabar. Terutama bagi Ketua KONI Jabar Ahmad Saefudin serta seluruh anggota KONI Jabar, baik cabang olahraga maupun KONI Kota/kabupaten.

    “Saya mewakili seluruh pengurus mengucapkan terimakasih telah bersedia menerima kami sebagai anggota KONI Jabar. Dengan diakuinya FTI sebagai anggota KONI Jabar, ini langkah awal bagi kamu untuk ikut membawa nama baik Jabar di dunia olah raga secata nasional maupun interasional,” kata Gunaryo.

    Triathlon, lanjut dia, merupakan cabang olah raga yang sangat dekat dengan dunia pariwisata. Karena itu, penyelenggaraan event Triathlon pun tak bisa lepas dari industri olahraga salah satunya sport tourism yang sedang dikembangkan Pemrpov Jabar.

    “Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami karena Jabar merupakan daerah yang paling siap untuk indistrialisasi olah raga,” Gunaryo menambahkan.

    BACA JUGA: Kota Bogor Siap Jadi Tuan Rumah Porprov XV Jabar 2026

    Usai ditetapkan sebagai anggota KONI Jabar, kata Gunaryo, beberapa program kerja pun menanti. Yang terdekat, pihaknya harus menyiapkan atlet untuk mengikuti seleksi nasional untuk gelaran Asian Beach Games 2021.

    “Seleksi nasional ini akan dilaksanakan 29 Desember 2020 nanti dan kami harus secepatnya menyiapkan atlet-atlet kami. Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum KONI Jabar beserta jajarannya, teman-teman pengprov cabang olahraga serta KONI daerah yang telah menerima kami bergabung,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img