Minggu 17 Januari 2021

Tips Berlayar di Labuan Bajo Dengan Kapal Pinisi

 

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Labuan Bajo menjadi salah satu kawasan di timur Indonesia yang mulai menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Disini, anda bisa melakukan banyak hal seperti berjumpa dengan berbagai fauna atau bersantai di pantai. Namun, ada hal seru yang tak bisa anda lewatkan yakni berlayar di Labuan Bajo dengan menggunakan kapal pinisi.

Sekilas Mengenai Wisata Labuan Bajo

Tips Berlayar di Labuan Bajo Dengan Kapal Pinisi 1
Ilustrasi. (web)

Wisata alam di daerah ini sudah tak perlu lagi dipertanyakan keindahannya. Hal ini dikarenakan anda akan disuguhkan dengan bentang alam yang sangat memukau. Pertama, anda bisa menyusuri pantai yang mengelilingi kawasan ini. Belum lengkap rasanya apabila anda tak menikmati indahnya pantai dan nuansa alamnya yang membuat anda tak berpaling.

Anda pun bisa singgah sejenak di Pink Beach yang menyuguhkan pasir berwarna merah muda. Keindahan luar biasa tersebut akan langsung anda dapatkan ketika menginjakkan kaki di tempat satu ini. Berada di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo, dapat dikatakan jika Pink Beach yang ada disini merupakan salah satu dari pantai merah muda yang ada di dunia.

Pantai yang eksotis, ditambah dengan paparan sinar matahari tentu saja akan membuat wisata bahari ini terlihat berkilau bak mutiara. Disini, anda bisa berjemur di bawah terik matahari sembari bersantai. Bahkan momen yang ada di pantai ini pun juga wajib untuk anda abadikan.

BACA JUGA: Wisatawan Pantai Karapyak Pangandaran Keluhkan Tumpukan Sampah

Selanjutnya, anda bisa melakukan trekking di Pulau Padar yang menyajikan suasana sangat memukau. Menikmati gugusan kepulauan dari ketinggian akan menjadikan liburan semakin berkesan. Anda bisa trekking mengelilingi perbukitan dan menghabiskan waktu di lokasi satu ini. Tentu saja akan menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan.

Ketika berada disini, anda juga bisa untuk berlayar di Labuan Bajo. Bagaimana bisa? Tentu saja anda dapat mengelilingi pulau dengan cara yang mewah dan juga eksklusif. Disini, anda akan diberikan pilihan untuk berlayar dengan menggunakan kapal pinisi. Anda pun nantinya akan diajak untuk berkeliling pulau yang ada di wilayah Labuan Bajo.

Seperti yang anda tahu kapal layar khas Indonesia ini tentu saja didukung dengan fasilitas dan juga desain interior yang sangat mewah. Ketika menggunakan kapal satu ini, anda nantinya akan dapat bersantai secara langsung dan menghadap laut. Bahkan kamarnya sendiri sangatlah nyaman untuk anda tempati.

Beragam Fasilitas yang Didapatkan Saat Berlayar Menggunakan Pinisi

Tips Berlayar di Labuan Bajo Dengan Kapal Pinisi 2
Ilustrasi. (web)

Sekilas berkeliling kawasan satu ini dengan menggunakan kapal pinisi akan terasa mewah. Namun, tak hanya itu saja hal tersebut akan menjadi salah satu pengalaman yang tak akan terlupakan dalam hidup anda. Sebab, ketika anda berlayar di Labuan Bajo dengan kapal satu ini anda tentu saja akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas yang tersedia.

Tips Berlayar di Labuan Bajo Dengan Kapal Pinisi 3
Ilustrasi. (web)

Layaknya berlibur di hotel bintang lima, anda akan mendapatkan fasilitas seperti bersantai di atas bean bag chair, karaoke yang mewah hingga kamar mandi yang luas. Bahkan ruang makan yang ada di kapan ini pun cukup nyaman. Tak perlu khawatir bagi anda yang mabuk laut saat menaiki kapan satu ini.

Sebab, berlayar dengan menggunakan kapal satu ini akan terasa seperti layaknya sedang bersantai di daratan. Pasalnya, pergerakan yang terjadi di dalam kapal cenderung cukup stabil. Dengan begitu akan membuat anda menjadi lebih nyaman dalam berkeliling pulau yang berada di kawasan Labuan Bajo.

Tips Berlayar di Labuan Bajo Dengan Kapal Pinisi 4
Ilustrasi. (web)

Ketika memilih kapal satu ini untuk berlayar, maka anda sama seperti sedang memilih rumah untuk bermalam, namun berada di atas kapal. Sebab, nantinya anda akan diberikan dengan berbagai macam pilihan ketika anda berlayar di Labuan Bajo menggunakan kapal satu ini. Mulai dari bermacam macam ukuran, kenyamanan dan pelayanan hingga fasilitas yang berbeda.

Mengintip Berbagai Jenis Kapal Pinisi di Labuan Bajo dan Harganya

Tips Berlayar di Labuan Bajo Dengan Kapal Pinisi 5
Ilustrasi. (web)

Umumnya, kapal pinisi yang ada di Labuan Bajo akan memiliki nama yang cenderung lebih feminim. Sebuat saja seperti Alexa, Levilia, hingga Helena dan juga lain sebagainya. Untuk anda yang ingin menaiki kapal pinisi yang kecil, lebih baik memilih jenis Levilia. Kapal ini memiliki kisaran harga yakni 11 juta rupiah yang bisa digunakan untuk berlayar selama 3 hari 2 malam.

Fasilitasnya sendiri, kapal ini akan menawarkan dek dengan dua tingkat. Yang mana pada bagian dek utama, anda akan bisa menemukan ruang makan terbuka di bagian depan kapal. Kemudian, dilanjut dengan ruangan untuk nakhoda di ruang tengah dan ruang makan tertutup terletak di belakang ruang dari nakhoda.

Sedangkan jika anda melihat bagian atas, maka anda akan menemukan ruang untuk tempat tidur berjenis bunk bed yang tersedia untuk empat orang lengkap dengan kamar mandi dalam. Saat memasuki lambung kapal, anda juga akan menemukan empat kamar tidur privat yang dilengkapi dengan double bed, toilet hingga pendingin udara.

Dan untuk anda yang ingin bersantai selama berlayar di Labuan Bajo dengan menggunakan kapal ini, maka penyedia kapal juga menyediakan bean bag di ujung depan kapal atau bagian belakang kamar yang bisa digunakan untuk bersantai. Untuk meja makan luar akan terdiri dari bangku kayu sederhana yang sangat eksotis.

Namun, bagi anda yang ingin mendapatkan pengalaman lebih mewah maka anda bisa memilih berlayar dengan memakai kapal pinisi jenis Helena. Untuk harganya sendiri dipatok sekitar 40 juta rupiah per malamnya. Tentu saja banyak sekali fasilitas yang akan anda dapatkan. Kapal satu ini memiliki tiga dek.

Keunggulan dari kapal ini adalah memiliki penutup sehingga akan cocok digunakan untuk berkeliling Pulau Flores yang cukup panas. Disini tersedia fasilitas berupa tempat makan luar dan tempat makan tertutup. Kemudian, ada pula kamar yang terdiri dari double bed yang telah dilengkapi oleh kamar mandi dalam.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berlayar Dengan Kapal Pinisi

Tips Berlayar di Labuan Bajo Dengan Kapal Pinisi 6
Ilustrasi. (web)

Sebelum anda berlayar di Labuan Bajo dengan menggunakan kapal pinisi, maka pastikan untuk memilih jenis kapal yang sesuai. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui kebutuhan trip yang anda inginkan dengan kecepatan kapal. Hal ini dikarenakan jika anda membutuhkan untuk mengunjungi banyak destinasi dalam waktu sehari, pilihlah kapal cepat.

Pasalnya, jika anda memilih jenis kapal Helena, tentu saja anda tidak bisa bergerak dengan cepat. Sebab, kapal satu ini memang didesain untuk bergerak dengan santai. Hal ini dikarenakan bobot dan ukuran kapal yang besar membuatnya tidak bisa bergerak dengan bebas dan cepat.

Tips Berlayar di Labuan Bajo Dengan Kapal Pinisi 7
Ilustrasi. (web)

Untuk itu, apabila anda ingin menjelajah banyak tempat di  Labuan Bajo gunakan kapal pinisi yang lebih kecil seperti Levilia. Pasalnya, kapal pinisi satu ini lebih terlihat kecil dan juga ramping. Sehingga akan mampu bergerak dengan lebih cepat, bahkan bisa dikatakan lebih ngebut dibandingkan dengan kapal jenis Helena.

Berkeliling Labuan Bajo dengan menggunakan kapal pinisi dapat menjadi salah satu pengalaman tersendiri yang bisa anda coba. Dengan menggunakan kapal tersebut, tentu saja perjalanan anda akan lebih nyaman ketika berada di kawasan ini. Selain itu, anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas mewah yang dimilikinya.

 

(Anthika)

Artikel Lainnya

Tips Berlayar di Labuan Bajo Dengan Kapal Pinisi 15
Tips Berlayar di Labuan Bajo Dengan Kapal Pinisi 16