spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Saudi Hingga Jepang akan Gratiskan Vaksin Covid-19

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sejumlah negara mulai menyusun rencana vaksinasi massal Covid-19 secara gratis. 

    Sejumlah negara yang akan membagikan vaksin gratis bagi warganya yakni Jepang, Hong Kong, Belgia, dan Arab Saudi.

    Inggris telah menyetujui vaksin dari Pfizer/BioNTech, sementara Rusia telah memproduksi hampir dua juta dosis vaksin Sputnik V.

    Bila Inggris belum mengumumkan apakah akan menggratiskan vaksin, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa vaksinasi akan tersedia gratis bagi seluruh warga Rusia. Proses penyuntikan sendiri akan dilakukan secara sukarela.

    BACA JUGA: Bayi di Singapura Dilaporkan Lahir dengan Antibodi Virus Corona

    Jepang telah menyatakan akan memberikan vaksin Covid-19 secara gratis kepada seluruh penduduknya. Keputusan itu sesuai dengan undang-undang yang disetujui oleh Majelis Tinggi pada Rabu (2/12) setelah mendapatkan persetujuan di Majelis Rendah.

    Dilansir Japan Times, UU itu memuat ketentuan yang mewajibkan setiap warga negara untuk turut serta dalam upaya vaksinasi virus corona. Tapi ketentuan tersebut tidak akan berlaku kecuali efektivitas dan keamanan vaksin telah dikonfirmasi sepenuhnya.

    Selain Jepang, Hong Kong pun berencana untuk menggratiskan vaksin virus corona bagi semua penduduknya. Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan Sophia Chan pada Rabu (2/11) saat Hong Kong tengah memerangi gelombang keempat infeksi Covid-19.

    Lembaga penyiaran publik RTHK, seperti mengutip Strait Times, melaporkan Chan kepada Dewan Legislatif mengatakan bahwa vaksin pertama akan ditawarkan kepada 3 juta orang yang dianggap rentan atau paling berisiko terpapar virus corona.

    Menurut RTHK, regulator pemerintah akan memprioritaskan pendaftaran vaksin Covid-19 jika sudah tersedia.

    “Kami akan mempercepat prosedur pemeriksaan sambil memastikan keamanan, kemanjuran, dan kualitas vaksin… Pihak berwenang akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk memungkinkan penggunaan vaksin apa pun yang terbukti aman dan efektif,” kata Chan, Seperti dilansir CNN.

    Pada pertengahan November, pemerintah Belgia mengungkap rencana untuk menggratiskan vaksin Covid-19 bagi sekitar 70 persen penduduk atau sekitar 8 juta orang. Belgia memiliki populasi 11,5 juta.

    Menteri Kesehatan Belgia Frank Vandenbroucke mengatakan pemerintah pusat dan regional telah membuat konferensi kesehatan antar kementerian dan memutuskan untuk tidak mewajibkan vaksin.

    “Tujuannya untuk memvaksinasi setidaknya 70 persen dari populasi. Kelompok prioritas akan ditentukan berdasarkan opini ilmiah dan debat sosial. Vaksinasi gratis untuk setiap warga negara yang menerimanya,” kata Vandenbroucke seperti mengutip AFP.

    Belgia mengharapkan vaksin pertama akan mulai diberikan pada awal tahun depan.Sebelumnya negara tersebut telah menandatangani kontrak dengan perusahaan farmasi Jerman, CureVac untuk pemesanan vaksin Covid-19.

    Menyusul Belgia, Pada akhir November, Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga berencana menggratiskan vaksin virus corona bagi 70 persen penduduk dan warga asing yang belum terinfeksi.

    Pemerintah Saudi berharap proses suntik vaksinasi akan mencapai target pada akhir 2021.

    “Mereka yang belum dinyatakan positif Covid-19 akan diberi prioritas vaksinasi dalam beberapa bulan mendatang,” kata Direktur Jenderal Pencegahan Penyakit Kemenkes Saudi, dr. Abdullah Asiri, seperti dilansirArab News, Selasa (24/11).

    (agung)

     

    Berita Terbaru

    spot_img