Selasa 26 Januari 2021

Hujan Deras Mengguyur, Jalan Desa Sukamaju Ciamis Jadi Sungai

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis pada Sabtu (28/11/2020) mengakibatkan beberapa ruas jalan berubah menjadi sungai dadakan akibat tergenang air. Salah satunya akses jalan penghubung di Desa Sukamaju dan Desa Petir Hilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis.

Buruknya sistem drainase diduga menjadi penyebab utama jalan penghubung dua desa tersebut tergenang air dan lebih terlihat seperti sungai. Hal tersebut pun membuat kondisi jalan pun lebih cepat parah.

Sejumlah warga mengeluhkan kondisi jalan yang berubah layaknya sungai saat hujan deras turun. Pasalnya, jalan tersebut merupakan akses utama warga di kedua desa.

fokusjabar.id ciamis
Jalan penghubung Desa Sukamaju dan Desa Petir Hilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis yang tergenang air saat hujan deras. (FOTO: Fauzan)

“Banjir ini menyebabkan jalan cepat rusak, aktivitas warga pun jadi terganggu,” kata salah seorang warga Desa Sukamaju, Ade, Sabtu (28/11/2020).

Ade berharap, pemerintah daerah bisa peka dengan kondisi tersebut dan bisa secepatnya memperbaiki jalan.

“Ini kan jalan kabupaten jadi desa tidak punya wewenang memperbaiki. Saya berharap pemerintah kabupaten segera memperbaiki jalan ini dan menjadi prioritas pembangunan,” kata dia.

BACA JUGA: OTT Wali Kota Cimahi, KPK Tetapkan 2 Tersangka

fokusjabar.id ciamis
Jalan penghubung Desa Sukamaju dan Desa Petir Hilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis.
(FOTO: Fauzan)

Kepala Desa Sukamaju Dede mengatakan, pihak Desa sudah mengajukan perbaikan jalan kepada pemerintah kabupaten.

“Saya sudah mengajukan (perbaikan jalan) ke Kepala (Dinas) PU. Sudah minta bantuan untuk supaya segera dibenahi dan Alhamdulillah sudah ada tanggapan. Namun karena masih pandemi jadi agak tersendat untuk perbaikan jalan itu,” kata Dede.

Permasalah jalan rusak tersebut sudah dibahas untuk diperbaiki hingga ke tingkat provinsi. Rencananya, jalan tersebut akan diperbaiki pada tahun 2021.

“Saya pun sudah menghadap ke pak bupati soal perbaikan jalan itu. Mudah mudahan tahun 2021 (jalan) sudah diperbaiki,” kata dia.

(Fauzan/Ageng)

Artikel Lainnya

Hujan Deras Mengguyur, Jalan Desa Sukamaju Ciamis Jadi Sungai 1
Hujan Deras Mengguyur, Jalan Desa Sukamaju Ciamis Jadi Sungai 2