Sabtu 28 November 2020

Ini Kebiasaan di Pagi Hari Yang Bisa Turunkan Berat Badan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Banyak cara yang dilakukan orang untuk bisa menurunkan berat badan. Mulai dari fokus jenis makanan yang hendak dikonsumsi, melakukan diet ketat, hingga rutin olah raga.

Namun untuk bisa menurunkan berat badan, ada cara yang lebih simpel dan mudah yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan mengubah kebiasaan di pagi hari.

Dilansir dari kompas.com, perubahan kecil yang dilakukan rutin setiap hari diyakini bisa berdampak pada penurunan berat badan. Lantas apa kebiasaan di pagi hari yang bisa memberikan dampak tersebut?

BACA JUGA: Ingin Miss V Anda Sehat, Coba Konsumsi Makanan Ini

Berikut rinciannya.

1. Buka tirai kamar
Jika kamar tidur anda langsung mengarah ke luar, buka tirai begitu anda bangun pagi dan biarkan sinar matahari masuk.

Sinar matahari di pagi hari akan memberikan dosis vitamin D yang dipercaya dapat meningkatkan suasana hati dan sistem kekebalan tubuh.

fokusjabar.id berat badan pagi hari
Membuka tirai dan membiarkan sinar matahari pagi masuk sesaat setelah bangun tidur. (FOTO: WEB)

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos One menyebutkan jika orang yang lebih aktif di pagi hari dan terpapar sinar matahari memiliki indeks massa tubuh lebih rendah.

2. Mandi air dingin
Biasanya, hampir sebagian besar orang akan sangat malas untuk mandi dengan air dingin di pagi hari. Apalagi di hari libur.

fokusjabar.id berat badan pagi hari
Mandi air dingin. (FOTO: WEB)

Ternyata, mandi air dingin di pagi hari dapat meningkatkan energi dan mengaktifkan brown fat. Ini akan berdampak pada penurunan berat badan karena tubuh membakar kalori lebih banyak.

Menurut studi yang dilakukan di Harvard, orang yang mandi dengan air bersuhu 16 derajat celsius selama 10 hari berturut-turut secara signifikan akan meningkatkan aktivitas brown fat.

3. Sarapan protein
Saat kita ingin menurunkan berat badan, terakadang sebagian orang justru malas untuk sarapan. Padahal, makan di pagi hari atau sarapan justru tidak boleh terlewatkan.

Hanya saja, kita harus memilih makanan yang akan dikonsumsi pada pagi hari. Pilihannya, sarapan dengan makanan yang mengandung protein.

Protein akan membantu menahan nafsu makan dan mencegah makan berlebihan.

Dalam suatu penelitian yang diterbitkan dalam Obesity, mengonsumsi protein saat sarapan sangat berkaitan dengan penurunan lemak tubuh dan jumlah kalori harian.

4. Minum air
Begitu kita bangun dari tempat tidur, alangkah baiknya untuk minum segelas air. Ini adalah cara bagus untuk memulai hari dan membantu menurunkan berat badan.

fokusjabar.id berat badan pagi hari
Minum segelas air putih di pagi hari. (FOTO: WEB)

Suatu studi yang diterbitkan dalam jurnal Obesity menemukan, terjadi penurunan berat badan pada perempuan obesitas yang meningkatkan asupan air lebih dari satu liter per hari.

5. Hindari membaca berita yang membuat stres
Aktivitas lain yang kerap dilakukan di pagi hari adalah membaca berita. Hindarilah membaca berita yang membuat anda stres karena akan berdampak negatif pada berat badan.

Dalam jangka panjang, stres pun bisa menyebabkan sel punca berubah menjadi sel lemak.

6. Meditasi
Luangkan waktu Anda selama beberapa menit untuk meditasi di pagi hari. Duduk dan fokus pada napas dapat membantu mengatur berat badan dengan lebih baik.

Menurut penelitian dari Brown University, orang-orang dengan tingkat kesadaran rendah 34 persen lebih mungkin menjadi gemuk dan memiliki lemak lebih banyak di perut.

fokusjabar.id berat badan pagi hari
Meditasi. (FOTO: WEB)

Sebaliknya, mereka yang bermeditasi memiliki kesadaran tinggi dan dapat memusatkan pikiran dengan baik. Hal itu dapat menstabilkan emosi dan mengurangi kemungkinan stres yang menyebabkan makan emosional.

7. Siapkan makan siang
Sebuah studi di tahun 2017 menemukan hubungan antara menyiapkan makan siang dengan risiko obesitas. Menyiapkan makan siang membuat seseorang mengonsumsi makanan bergizi dan itu akan mengurangi risiko obesitas.

Studi lain menyebut, mereka yang menyiapkan makan siang atau membawa bekal memiliki kemungkinan 28 persen lebih kecil untuk mengalami kenaikan berat badan.

BACA JUGA: Studi Terbaru: Orang dengan Golongan Darah O lebih Kebal Covid-19

Itulah beberapa perilaku sederhana di pagi hari yang bisa dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan. Tapi yang harus diingat, kebiasan ini harus dilakukan secara rutin dan dengan disiplin.

Yuk, mulai coba pagi ini dan di hari-hari berikutnya agar kita bisa terhindar dari obesitas, meningkatkan imun tubuh, serta terhindar dari wabah yang saat ini melanda yakni virus corona.

(Ageng)

Artikel Lainnya

Kasus Positif Covid-19 Bertambah, Ini Pesan Ketua DPRD Ciamis

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Mengingat kasus positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis Jawa...

Pandemi Covid-19, Disdik Ciamis Pantau Perkembangan Siswa Lewat Gerilya Pendidikan

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis Jawa Barat (Jabar) terus memantau perkembangan siswa di masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Salah satunya dengan gerilya pendidikan.  Sekretaris...

Diego Maradona Minta Jenazahnya Dibalsam

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Diego Maradona dikabarkan meminta pihak keluarga untuk mengawetkan tubuhnya dengan proses pembalsaman ketika meninggal dunia. Permintaan mantan pemain timnas Argentina itu untuk mengawetkan jasad...

8 Tips Menjaga Kesehatan Ala Rasulullah SAW

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sehat, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam (SAW) merupakan sosok teladan bagi umat muslim di seluruh dunia. Tidak hanya teladan dalam hal...

Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Nasol Ciamis Ludes Dilalap Api

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Rumah milik Suherman (60) warga Dusun Palasari Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar) hangus terbakar, Senin (23/11/2020). Menurut Ketua Tagana Kabupaten...

25 November 2020, Pak Tino Sidin Nongkrong di Google Doodle

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Tino Sidin, Google doodle hari ini tepat dengan hari Guru Nasional 2020 secara khusus menampilkan foto doodle Tino Sidin, “Mengenang Tino Sidin”...

Lewat Sahabat Pasar, Pedagang di Bandung Bayar Retribusi Secara Digital

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Perumda Bank Bandung menjadi Bank Perkeriditan Rakyat (BPR) pertama di Jawa Barat yang memiliki digitalisasi layanan. Dengan menggandeng PD Pasar Bermartabat, Badan Usaha...