spot_img
Senin 2 Agustus 2021
spot_img
spot_img

Masyarakat Terdampak Banjir Bandang Pameungpeuk Garut Dibantu Komunitas BBM

GARUT,FOKUSJabar.id: Bencana alam (longsor, banjir bandang dan pergerakan tanah) yang menerjang wilayah selatan Kabupaten Garut, Jabar mengundang empati berbagai kalangan masyarakat.

Salah satunya, komunitas Facebook, Banyol Bari Mejeng (BBM). Komunitas tersebut menggelar aksi sosial kepada terdampak banjir bandang di Kampung Jepara, Desa Mandalakasih, Kecamatan Pameungpeuk.

banjir bandang fokusjabar.id
Aksi sosial Komunitas BBM

“Kemarin, kami bantu masyarakat terdampak banjir bandang berupa uang tunai di Desa Mandalakasih, Kecamatan Pameungpeuk,” kata Ketua Komunitas BBM, Rita Setiati Sutarja Surawinata (Bee), Minggu (18/10/2020).

Menurut Bee, aksi sosial tersebut merupakan bentuk kepedulian komunitas BBM terhadap masyarakat terdampak bencana alam.

Baca Juga: Legislator Demokrat Bantu Warga Garut Selatan Terdampak Bencana Alam

Pihaknya pun melakukan penggalangan dana melalui rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) Nomor 002501120633507  atas nama Rosintawati.

“Kami salurkan amanah dari anggota dan para donatur kepada warga terdampak banjir bandang di dua tempat yang berbeda,” kata Bee.

Dia berharap, bantuan tersebut bermanfaat dan dapat meringankan beban hidup mereka. Terlebih,  di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang hingga kini penyebarannya terus meningkat.

“Semoga bisa membantu meringankan beban mereka,” ujar Bee.

“Kami terus bergerak dan melakukan penggalangan dana dengan mengusung tema Komunitas BBM Garut Berbagi,” sambung Bee.

Bee menambahkan, aksi sosial tersebut akan menjadi agenda bulanan yang tidak hanya fokus terhadap masyarakat yang terkena musibah.

Menurut dia, agenda bulan depan memberikan bantuan berupa kursi roda dan Kaki Palsu (Kapal) kepada penyandang disabilitas (keterbatasan fisik).

“Insya Allah, bulan depan Kami akan menyerahkan bantuan kursi roda dan Kapal kepada penyandang disabilitas,” pungkas Ketua Komunitas BBM.    

Seperti diketahui, hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Garut, Minggu (11/10/2020) malam lalu telah mengakibatkan terjadi bencana longsor, banjir bandang dan pergerakan tanah di enam kecamatan.

Informasi yang terhimpun FOKUSJabar, bencana terparah terjadi di Kecamatan Pameungpeuk dan Cikelet serta sebagian di Cisompet juga Kecamatan Bungbulang.

Daerah terimbas banjir bandang, di antaranya daerah Mancagahar dan pantai Sayangheulang. Beberapa bangunan sekolah dan rumah warga juga sebagian jalan terendam banjir.

(Andian/Bambang) 

Artikel Lainnya

spot_img