spot_img
Kamis 23 Mei 2024
spot_img
More

    5 Fakta Mandrake, Tanaman Beracun yang Seram Mirip Manusia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tumbuhan Mandrake belakangan tengah raimai dibicaran karena bentuk tanaman ini yang terlihat mirip tubuh manusia yang menyeramkan.

    Melansi IDN, Mandrake tumbuh layaknya manusia karena mempunyai kepala, lengan dan juga kaki. Tak hanya itu, mengkonsumsi tanaman ini secara berlebihan dapat menyebabkan delirium dan halusinasi.

    Tanaman ini pernah ditampilkan dalam film fiksi Harry Potter and The Chamber of Secrets. di mana para siswa Hogwarts belajar menanam tanaman tersebut. Di film ini, Mandrake digunakan untuk mengobati siswa yang membatu akibat sihir. Di film ini juga diceritakan bahwa tanaman ini dapat menangis serta menjerit jika dicabut dari tanah hingga membunuh manusia.

    Berikut 5 Fakta Tentang Mandrake

    1.Berbentuk seperti manusia

    Ilustrasi. (web)

    Tumbuhan ini memiliki nama latin Mandragora officinarum atau Atropa mandragora yang merupakan tanaman sejenis ginseng yang berasal dari genus Mandragora, keluarga Solanaceace.

    Akarnya yang berbonggol-bonggol membuat orang melihatnya seperti tubuh manusia. Berdasarkan legenda, bentuk dari akar tumbuhan ini mewakili bagian tubuh manusia yang dapat diobatinya, jika berbentuk seperti kaki, maka akar ini dapat menyembuhkan kaki manusia.

    Sebenarnya tumbuhan ini memang termasuk tanaman medis yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit.

    2.Obat herbal

    Ilustrasi. (web)

    Tumbuhan ini adalah tanaman medis yang sifatnya beracun, dahulu dimanfaatkan untuk peredam rasa sakit, obat reumatik bahkan obat tumor.

    BACA JUGA: Mengenal Tanaman Janda Bolong, yang Harganya Fantastis

    Hampir serupa dengan ganja, penggunaan yang sesuai akan menghasilkan manfaat dari tanaman ini. Saat ini, Mandrake dengan sengaja ditanam untuk diolah dan dijadikan obat-obat herbal.

    3.Tidak mempunyai jenis kelamin

    Ilustrasi. (web)

    Seorang yang meneliti bentuk dan kegunaan Mandrake, Dioscurides mengatakan bahwa tumbuhan ini memiliki jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Namun, seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, banyak ilmuwan mengatakan dua jenis kelamin Mandrake ini adalah dua spesies yang berbeda. Spesies ini disebut dengan Mandragora Officinarum dan Mandragora Autumnalis.

    4.Tidak bisa menangis seperti di film Harry Potter

    Ilustrasi. (web)

    Mandrake di film Harry Potter digambarkan menjadi tumbuhan yang bisa berteriak dan menangis, saat berteriak tumbuhan ini dapat membuat seseorang pingsan bahkan kehilangan nyawanya.

    Hal tersebut, terinspirasi dari sejumlah legenda yang tersebar di Eropa. Tetapi faktanya, di dunia nyata ini tidak benar-benar terjadi, tumbuhan ini tidak bisa menangis layaknya manusia.

    5. Legenda yang tersebar di masyarakat sengaja dibuat

    Ilustrasi. (web)

    Banyak Legenda tentang tumbuhan ini yang berkembang di masyarakat tidak jauh berbeda dengan yang ada di film Harry Potter.

    Awalnya Mandrake digunakan oleh penyihir di Eropa untuk mantra, salep oles, minyak dan ramuan untuk menyembuhkan orang. Karena takut diambil oleh orang yang serakah, maka para penyihir Eropa pun dengan sengaja menyebar luaskan legenda ini.

    Berbagai mitos pun berkembang di masyarakat, dari tumbuhan Mandrake yang dapat membawa kebahagian dan keberuntungan. Ada juga yang menganggap tumbuhan ini merupakan telur jin yang tumbuh dengan tetesan darah dan sperma yang digantung diatasnya.

     

    (Agung)

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img