Kamis 22 Oktober 2020

5 Fakta Mandrake, Tanaman Beracun yang Seram Mirip Manusia

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tumbuhan Mandrake belakangan tengah raimai dibicaran karena bentuk tanaman ini yang terlihat mirip tubuh manusia yang menyeramkan.

Melansi IDN, Mandrake tumbuh layaknya manusia karena mempunyai kepala, lengan dan juga kaki. Tak hanya itu, mengkonsumsi tanaman ini secara berlebihan dapat menyebabkan delirium dan halusinasi.

Tanaman ini pernah ditampilkan dalam film fiksi Harry Potter and The Chamber of Secrets. di mana para siswa Hogwarts belajar menanam tanaman tersebut. Di film ini, Mandrake digunakan untuk mengobati siswa yang membatu akibat sihir. Di film ini juga diceritakan bahwa tanaman ini dapat menangis serta menjerit jika dicabut dari tanah hingga membunuh manusia.

Berikut 5 Fakta Tentang Mandrake

1.Berbentuk seperti manusia

Ilustrasi. (web)

Tumbuhan ini memiliki nama latin Mandragora officinarum atau Atropa mandragora yang merupakan tanaman sejenis ginseng yang berasal dari genus Mandragora, keluarga Solanaceace.

Akarnya yang berbonggol-bonggol membuat orang melihatnya seperti tubuh manusia. Berdasarkan legenda, bentuk dari akar tumbuhan ini mewakili bagian tubuh manusia yang dapat diobatinya, jika berbentuk seperti kaki, maka akar ini dapat menyembuhkan kaki manusia.

Sebenarnya tumbuhan ini memang termasuk tanaman medis yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit.

2.Obat herbal

Ilustrasi. (web)

Tumbuhan ini adalah tanaman medis yang sifatnya beracun, dahulu dimanfaatkan untuk peredam rasa sakit, obat reumatik bahkan obat tumor.

BACA JUGA: Mengenal Tanaman Janda Bolong, yang Harganya Fantastis

Hampir serupa dengan ganja, penggunaan yang sesuai akan menghasilkan manfaat dari tanaman ini. Saat ini, Mandrake dengan sengaja ditanam untuk diolah dan dijadikan obat-obat herbal.

3.Tidak mempunyai jenis kelamin

Ilustrasi. (web)

Seorang yang meneliti bentuk dan kegunaan Mandrake, Dioscurides mengatakan bahwa tumbuhan ini memiliki jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Namun, seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, banyak ilmuwan mengatakan dua jenis kelamin Mandrake ini adalah dua spesies yang berbeda. Spesies ini disebut dengan Mandragora Officinarum dan Mandragora Autumnalis.

4.Tidak bisa menangis seperti di film Harry Potter

Ilustrasi. (web)

Mandrake di film Harry Potter digambarkan menjadi tumbuhan yang bisa berteriak dan menangis, saat berteriak tumbuhan ini dapat membuat seseorang pingsan bahkan kehilangan nyawanya.

Hal tersebut, terinspirasi dari sejumlah legenda yang tersebar di Eropa. Tetapi faktanya, di dunia nyata ini tidak benar-benar terjadi, tumbuhan ini tidak bisa menangis layaknya manusia.

5. Legenda yang tersebar di masyarakat sengaja dibuat

Ilustrasi. (web)

Banyak Legenda tentang tumbuhan ini yang berkembang di masyarakat tidak jauh berbeda dengan yang ada di film Harry Potter.

Awalnya Mandrake digunakan oleh penyihir di Eropa untuk mantra, salep oles, minyak dan ramuan untuk menyembuhkan orang. Karena takut diambil oleh orang yang serakah, maka para penyihir Eropa pun dengan sengaja menyebar luaskan legenda ini.

Berbagai mitos pun berkembang di masyarakat, dari tumbuhan Mandrake yang dapat membawa kebahagian dan keberuntungan. Ada juga yang menganggap tumbuhan ini merupakan telur jin yang tumbuh dengan tetesan darah dan sperma yang digantung diatasnya.

 

(Agung)

 

 

Artikel Lainnya

Partai Golkar Banjar bertekad jadi Pemenang Pemilu 2024

BANJAR,FOKUSJabar.id: Anggota DPR RI Dapil Jabar X, Agun Gunandjar...

Sampaikan Pidato Kehormatan, 4 Guru Besar UPI Masuki Masa Pensiun

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melepas empat guru besar yang memasuki masa pensiun sebagai pegawai negeri sipil (PNS) melalui acara 'Pidato Kehormatan Guru...

Memutus Pandemi Covid-19, Wabup Ciamis Terus Ingatkan Prilaku Pencegahan

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Memutus pandemi Covid-19 memerlukann kesadaran tinggi di seluruh kalangan masyarakat dalam menerapkan pola pencegahan dalam prilaku keseharaian. Wakil Bupati Ciamis Yana D Putera termasuk...

Hebat, Warga Pangandaran Sulap Limbah Kain Jadi Pot Bunga

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Salah seorang warga Dusun Sidahurip, Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jabar, memanfaatkan waktu luang di masa pandemi Covid-19 dengan kegiatan yang positif....

Polres Ciamis Selidiki Penyebab Ambruknya Atap Lantai Dua IGD RSUD

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Polres Ciamis masih melakukan penyelidikan terkait ambruknya atap lantai dua ruang Intalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis. Waka Polres...

Bank bjb Siapkan UMKM Sumedang Hadapi Persaingan Usaha

SUMEDANG,FOKUSJabar.id: bank bjb memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Sumedang. Pelatihan tersebut dilaksanakan melalui program UMKM Juara...

1 Pekan di Laut, 2 Nelayan Garut Makan Ikan Mentah

GARUT,FOKUSJabar.id: Dua orang nelayan asal Pameungpeuk Garut, Ara Priatna dan Oih Somantri terapung di atas perahu terbalik selama satu pekan lamanya, Minggu (11-18/10/2020). Keduanya terombang-ambing...