spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Yamaha RX King, Motor Jambret yang Makin Melambung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bikers era 90-an dan awal 2000-an tentu sudah tidak asing dengan sosok Yamaha RX King, motor sport bermesin 2-tak yang terkenal akan kecepatannya saat itu. Kini, RX King menjadi motor legenda dengan harga jual yang terus meroket.

    RX King memang motor fenomenal, bahkan sempat jadi andalan pelaku kejahatan. Motor keluaran Yamaha ini pun sampai dijuluki motor jambret karena seringnya digunakan penjahat melarikan diri usai menjambret, merampok atau melakukan tindak kejahatan lain. Dengan desain yang sederhana, RX King bisa bertahan hingga hampir dua dekade selama diproduksi.

    Bukan cuma soal kecepatan, banyak pehobi yang ingin meminang Yamaha RX King karena kenangan yang mereka simpan. Motor ini adalah idola semua kalangan saat itu. Namun karena harganya masih mahal, sebagian pehobi baru bisa membeli ‘Si Raja Jalanan’ setelah mereka mapan.

    Bukan cuma itu, Yamaha RX King juga dikenal dengan perawatan yang mudah untuk ukuran motor 2-tak. Mesinnya pun tangguh bertenaga, sehingga motor ini masih digunakan sebagai angkutan pertanian masyarakat di desa.

    Bagi yang berniat memiliki RX King, tentunya butuh modal yang tidak sedikit. Sebab, harga pasaran untuk sepeda motor ini terus merangkak naik, begitu juga untuk suku cadangnya. Untuk membeli dalam kondisi mulus, setidaknya harus merogph kocek cukup dalam antara Rp20 juta hingga Rp150 juta.

    BACA JUGA: Ini Alasan, Tiga Motor 2-Tak Lawas Yamaha Tidak Pernah Dijual

    Tingginya peminat membuat sang raja biasa dijual hingga puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah. Bengkel kawakan yang terbiasa menangani motor 2-tak pun ikut tergoda untuk ‘bermain’ RX King.

    FOKUSJabar.id Rx King
    Yamaha Rx King Thn 2003 / Ilustrasi (Web)

    Jangan kalian bayangkan harga bekas RX King masih belasan juta rupiah. Karena dengan uang segitu kita hanya bisa mendapat unit ‘setengah matang’. Jika melihat iklan di marketplace. motor ini dijual paling murah sekitar Rp10 juta.

    “Kalau yang di iklan-iklan itu dijual Rp10 juta, barangnya jelek. Cuma bahan doang karena butuh surat-suratnya yang lengkap. Kondisi cakep itu paling murah sekarang pasarannya Rp20 juta,” ucap Muhammad Haris, pemilik bengkel Aris Jaya Motor.

    Pemilik bengkel yang telah menangani motor 2-tak sejak 1995 ini menyebut bila kondisi RX King dengan harga Rp10 juta ke bawah itu sudah pretelan. Maksudnya, kondisi motor tidak utuh dan asal bisa jalan. Pembeli butuh me-restorasi kembali bila ingin mendapatkan penampilan yang standar.

    FOKUSJabar.id Rx King
    Rx King 2009 Full Original/ Ilustrasi (Web)

    Bagi orang yang memiliki RX King, baik dulu atau sekarang, memiliki prestise tersendiri. Sekalipun motor besutan Yamaha ini bodinya ramping, penunggangnya terlihat gagah seperti ketika menunggangi motor sport lainnya.

    Kalangan pehobi motor terbagi dalam beberapa kalangan, ada yang sekedar hobi mengumpulkan motor dan ada juga yang hobi membangun motor impian. Jika ingin menikmati RX King, diakui Aris akan lebih asik dengan cara restorasi karena bisa membangun rasa sayang kepada motor yang dimiliki.

    “Anak-anak (konsumen tetap) yang main di sini biasanya lebih banyak yang bangun RX King. Kita bisa tahu sendiri harga part yang dibeli dan dimana toko yang murah. Kadang, saya malah dapat aksesorisnya dari tukang rongsok atau loak yang kondisinya masih bagus,” kata Aris.

    Agar tidak terlalu menyulitkan saat restorasi, Aris memberi saran saat berburu RX King. Yakni motor ‘setengah matang’, artinya unit yang akan dibeli tidak banyak yang dipreteli. Harga unit ‘setengah matang’ ini pun terbilang cukup murah daripada ambil bahan.

    FOKUSJabar.id Rx King
    Full Modivikasi Yamaha Rx King / Ilustrasi (Web)

    “Kalau bahan setengah jadi sekitar Rp13 jutaan. Dengan harga segitu, kita melengkapi yang kurangnya tidak banyak. Total uang untuk beli motor sama restorasi, mungkin habisnya sekitar Rp16 juta sampai Rp17 juta,” kata dia.

    Dari estimasi tersebut, Aris menggambarkan bila pedagang RX King untuk versi restorasi minimal ambil untung sekitar Rp3 jutaan. Namun, dia mengungkap jika kebanyakan pedagang setidaknya mengambil keuntungan Rp5 juta khusus untuk RX King.

    “Pedagang dulu juga ada yang bangun RX King di sini, dia jual dengan mengambil untung Rp5 juta. Jadi kalau mau main RX King, lebih asyik kalau membangunnya atau restorasi,” ujar Haris.

    Yamaha RX King Cobra, atau RX King generasi pertama menjadi model yang cukup diincar bahkan dianggap ‘dewa’ bagi semua sepeda motor. Harganya pun cukup mahal.

    Sebutan Cobra disinyalir karena desain striping tangki RX King yang berbentuk hexagonal. Susunan hexagonal ini menyerupai sisik ular sehingga membuatnya dijuluki sebagai Cobra.

    FOKUSJabar.id Rx King
    Yamaha Rx King Cobra / Ilustrasi (Web)

    Bicara soal harga mahal, beberapa waktu yang lalu viral Yamaha RX King SE terjual seharga Rp 150 juta. Harga fantastis tersebut hanya untuk menebus sebuah motor dengan kondisi new old stock alias motor baru stok lama keluaran 2003.

    Beda antara edisi Special Edition (SE) dengan yang biasa yaitu aksen gold pada ring headlamp, list speedometer, termasuk striping emas. Karena ini barang NOS, maka semua partnya dalam kondisi rakitan pabrik, bukan restorasi.

    Beberapa sumber menyebutkan jika tingginya harga RX King generasi pertama maupun suku cadangnya ini diakibatkan oleh negara produksi. Mesin RX King saat itu masih dibuat sepenuhnya di Jepang, otomatis memiliki harga yang jauh lebih mahal.

    Mesin dengan kode Y1 dan Y2 ini masih digarap oleh Yamaha Jepang. Menurut pandangan orang kita, mesin buatan Jepang ini dianggap paling bandel dan tidak mudah rusak.

    Blok mesin ini punya harga yang cukup gelap, alias sesuka penjual memberikan harga. Blok mesin Y1 atau Y2 jika dijual bahkan bisa mencapai Rp10 jutaan.

    FOKUSJabar.id Rx King
    Yamaha Rx King Modivikasi Balck Gold / Ilustrasi (Web)

    Yamaha RX-King termasuk motor 2-tak dengan perawatan mudah. Pemilik tidak perlu khawatir soal perawatan Yamaha RX-King seperti suku cadang. Di sentra sparepart dan aksesoris masih banyak tersedia baik yang asli ataupun aftermarket.

    Motor bermesin 2-tak sangat mengandalkan oli samping untuk membantu sistem pembakaran. Maka dari itu, pastikan volume oli samping di reservoir RX King dalam keadaan terisi.

    Bila perlu, selalu isi penuh dan jangan sampai dibiarkan nyaris kosong. Posisi reservoir oli samping RX King berada dalam boks di bawah jok sebelah kiri.

    (Nendy/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img