Rabu 23 September 2020

Penting! Kenali “pilek” Pada Organ Intim

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pilek ternyata tidak hanya terjadi di hidung tetapi juga di organ intim luar atau alat kelamin luar. hal itu menjadi salah satu kasus Infeksi Menular Seksual (IMS) yang disebut Gonore (GO).

“Terjadi pilek tetapi bukan dari organ hidung tetapi dari saluran kemihnya,” ujar dokter spesialis kulit dan kelamin, Anthony Handoko, Rabu (5/8/2020).

Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae dan dapat menular ketika seseorang melakukan kontak seksual baik secara vaginal maupun anal.

Tanda atau gejala pilek ini bisa dikenali yakni keluarnya nanah dari organ genital dan muncul rasa sakit saat berkemih. Gejala ini biasanya lebih sering dialami pria ketimbang wanita.

BACA JUGA: Wow! 7 Tanaman Kamar ini Bisa Atasi Ganguan Insomnia

“GO bergejala hanya pada laki-laki, karena secara anatomis laki-laki punya saluran kemih lebih panjang dari kandung kemih sampai penis. Kuman GO akan merusak selaput lendir di saluran itu, akibatnya memungkinkan kelarnya nanah dan itu terlihat. Pada wanita saluran kemih sangat pendek, gejala tidak terlalu nyata,” kata dia.

“Keluar nanah, seperti ingus makanya disebut pilek. warnanya putih kehijauan. Akibat nanah, saluran (kemih) tersebut menjadi mampet, saat berkemih ada dorongan air seni, (sehingga) saat kencing rasanya sakit. Ujung penisnya atau lubang kemih akan lebih merah dan bengkak,” sambung Anthony.

nanah yang keluar dari organ genital biasanya akan menimbulkan bercak di celana dalam. Bercak bisa berwarna putih kekuningan hingga cokelat karena ada bekas darah di sana.

Selain pemeriksaan klinis, diagnosis GO juga bisa berdasarkan pemeriksaan gram dan kultur.

Menurut Anthony, faktor risiko GO antara lain mereka yang berusia produktif (15-49 tahun) memiliki perilaku seksual aktif yang tidak aman, mengobati diri sendiri dengan membeli obat yang tanpa anjuran dokter, sehingga mengalami masa inkubasi yang pendek.

GO yang tidak terdiagnosis dan tidak mendapat pengobatan secara benar dapat menyebabkan komplikasi dari ringan hingga berat.

Berdasarkan lokasi anatomis, komplikasi GO dapat terjadi pada genital dan sekitarnya (seperti saluran kemih, panggul dan kandungan) dan ekstra genital (faring/saluran menelan, selaput lendir mata/konjungtiva, sendi).

Infeksi GO berat dan lanjut pada wanita misalnya, bahkan dapat menyebabkan penularan infeksi GO ke bayi saat proses melahirkan dan infertilitas (kemandulan). Infertilitas pun bisa terjadi jika GO terjadi pada pria.

(Agung/ANT)

Artikel Lainnya

Tanpa 3 Pemain Anyar, Chelsea Pede Jamu Liverpool

INGGRIS,FOKUSJabar.id: Laga big match antara Chelsea kontra Liverpool pada...

Yayasan RS Garut Salurkan 1.000 Paket Sembako Kemensos

GARUT,FOKUSJabar.id: Yayasan Ratnasari Soebardi (RS) Garut, Jabar mendapat amanah dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) 1.000 paket sembako bagi masyarakat kurang...

Diserang Covid-19 Dua Puskesmas di Banjar Ditutup

BANJAR,FOKUSJabar.id: Dua BLUD Puskesmas di Kota Banjar ditutup sementara. Penutupan itu menyusul adanya tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kedua BLUD itu, yakni...

Kapolsek Padaherang Minta Masyarakat Waspada Kebakaran

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Kapolsek Padaherang, Iptu Aan Supriatna mengimbau seluruh masyarakat untuk mewaspadai terjadinya kebakaran. Baik itu kebakaran rumah maupun lahan kosong. Pasalnya, pada saat musim kemarau...

13 Manfaat Garam Dapur untuk Ibu Rumah Tangga

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Garam dapur adalah sejenis mineral yang dapat membuat rasa asin. Biasanya yang tersedia secara umum adalah Natrium Klorida (NaCl) yang dihasilkan oleh air laut. Garam...

Kelangkaan Pupuk Bersubsidi Mengancam Petani

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Di tengah ancaman kekeringan akibat kemarau, para petani di Kabupaten Tasikmalaya diresahkan kelangkaan pupuk bersubsidi. Kelangkaan pupuk diduga akibat pihak supplyer lambat mendistribusikan...

Dalam 5 hari, Pasien Positif Corona di Kota Banjar Tembus 8 orang

BANJAR,FOKUSJabar.id: Sebanyak 8 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Banjar dalam 5 hari terakhir, Sabtu (19/9/2020). Dalam kurun waktu tersebut setiap harinya terus ada...