spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Wow! 7 Tanaman Kamar ini Bisa Atasi Ganguan Insomnia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Beberapa tanaman kamar dengan kemampuan menghasilkan oksigen yang baik, dipercaya dapat membantu mengatasi sulit tidur atau insomnia.

    Sejumlah studi menyatakan keberadaan tanaman di dalam kamar tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Keberadaan tanaman membuat seseorang merasa nyaman dan secara otomatis menurunkan tingkat stres.

    Melansir CNN, Berikut beberapa pilihan tanaman kamar agar tidur lebih nyenyak:

    1. Lidah buaya

    Lidah buaya merupakan salah satu tanaman kamar yang punya banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk salah satunya meningkatkan kualitas tidur.

    Mengutip Mashrita Nature Cloud, lidah buaya juga terpilih sebagai salah satu tanaman paling efektif untuk membersihkan udara dalam penelitian NASA.

    BACA JUGA: Penyebab Gangguan Tidur Pada Anak Wajib Bunda Ketahui

    2. Peace lily

    Peace lily merupakan tanaman kamar yang hidup di kawasan tropis. NASA Clean Air Study menemukan bahwa peace lily dapat membersihkan semua jenis racun dalam udara.

    Selain itu, peace lily juga menjadi salah satu tanaman ‘anti-manja’. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di tempat teduh dan hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari untuk berkembang. Jangan terlalu sering menyiramnya. Anda cukup memastikan kelembapan tanah.

    3. Aglonema

    Aglonema adalah tanaman dalam ruang populer yang berasal dari kawasan Asia selatan. Ada ratusan spesies dengan kebiasaan tumbuh yang berbeda dari aglonema. Namun, kebanyakan dari mereka rentan terhadap musim dingin yang ekstrem.

    Sama halnya seperti lidah buaya dan peace lily, NASA menjadikan aglonema sebagai salah satu pemurni udara terbaik. Tanaman tropis ini juga memancarkan oksigen dalam jumlah tinggi yang dapat membantu tidur lebih baik.

    Tak perlu khawatir, aglonema juga menjadi salah satu tanaman hias yang paling tahan lama. Aglonema bisa bertahan hidup dalam kondisi cahaya rendah hingga udara kering sekali pun.

    4. Gardenia

    Aroma bunga gardenia sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kecemasan. Namun, mengutip Pilea, tanaman ini membutuhkan keseimbangan cahaya dan kelembapan yang sempurna untuk berkembang. Taruh tanaman ini di sisi jendela kamar tidur Anda, agar tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup.

    5. Melati

    Sama halnya dengan gardenia, aroma melati yang lembut dapat menenangkan pikiran dan tubuh, sekaligus mengurangi tingkat kecemasan Anda.

    Melati memberikan efek positif pada tidur yang dapat membuat Anda lebih produktif di hari berikutnya.

    6. Lidah mertua

    Tanaman lidah mertua punya kemampuan untuk mengambil karbon dioksida di siang hari dan mengeluarkan oksigen di malam hari. Kondisi ini dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

    Sama seperti tanaman lainnya, lidah mertua juga tak membutuhkan perawatan yang terlalu rumit. Tanaman kamar ini dapat tumbuh dengan kondisi cahaya yang minim, seperti di kamar tidur.

    7. Lavender

    Lavender sangat dikenal dengan aromanya yang menenangkan. Lavender juga dikenal sebagai ‘obat anti-cemas’. Siapa pun yang menghirupnya bisa merasa tenang dan mengusir kecemasan dengan seketika. Beberapa penelitian menemukan, orang yang tidur sambil mencium aroma lavender mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

    Mengutip Country Living, meski tak dikenal sebagai tanaman hias indoor, namun lavender dapat bertahan dalam ruangan dengan kondisi yang tepat. Berikan cahaya langsung selama beberapa jam setiap hari. Taruh tanaman di kusen jendela untuk mendapatkan sinar matahari.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img