spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Bawaslu Karawang Petakan Potensi Pelanggaran Pilkada

    KARAWANG,FOKUSJabar.id: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melakukan pemetaan potensi pelanggaran Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Setidaknya ada tiga jenis pelanggaran yang rawan terjadi.

    Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Karawang Roni Rubiat Muchri mengatakan, secara umum setiap tahapan Pilkada memiliki potensi pelanggaran tertentu. Tapi secara umum ada tiga jenis pelanggaran yang berpotensi di Karawang.

    “Ketiga jenis pelanggaran tersebut ialah penyalahgunaan wewenang, netralitas aparatur sipil negara atau ASN serta praktik politik uang,” ujar Roni usai rapat kerja penanganan pelanggaran Pilkada Karawang, Senin (3/8/2020).

    BACA JUGA: Wisata Kampung Saladah Ciamis Terbengkalai Karena Pandemi

    Analisa kerawanan pelanggaran tersebut disesuaikan dengan yang terjadi pada Pilkada Jawa Barat dan Pemilu yang telah digelar sebelumnya.

    Menurut dia, pihaknya melatih Panwascam dengan memberi materi penanganan pelanggaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Panwascam menjadi sasaran pelatihan karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.

    Sesuai dengan informasi yang beredar, Ketua Partai Demokrat Karawang Cellica Nurrachadiana yang kini menjabat Bupati Karawang dipastikan akan maju kembali pada Pilkada Karawang 9 Desember 2020.

    Begitu juga dengan Ahmad Zamakhsyari yang kini menjabat Wakil Bupati dan Ketua PKB Karawang pun akan maju mencalonkan sebagai bupati.

    (Ageng/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img