spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    16 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Siapa sih yang tak suka tidur siang.  Kegiatan yang satu ini tak hanya dapat menghilangkan kantuk tapi ada banyak manfaat lainnya dari sisi kesehatan.

    Orang yang suka tidur siang dianggap sebagai pemalas atau label buruk lainnya. Padahal berguna untuk mental, pikiran dan juga tubuh.

    Menurut penelitian, istirahat siang jauh lebih efektif untuk mengatasi kelelahan dibandingkan menambah jam istirahat pada malam hari.

    Baca Juga: Manfaat Jambu Batu untuk Kesehatan Anda

    Saking bagusnya, banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk istirahat selama 30 menit per hari.

    Tidur adalah aktivitas kehidupan yang sangat penting. Banyak penelitian telah membuktikan betapa ruginya kita kekurangan tidur.

    tidur siang fokusjabar.id
    Ilustrasi (web)

    Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2008 menunjukkan bahwa tidur siang bermanfaat bagi anda.

    Berikut beberapa manfaatnya:

    1. Meningkatkan daya ingat otak
      Mampu meningkatkan daya ingat pada otak, sangat baik khususnya bagi orang tua (lansia). Bagi anak-anak dapat meningkatkan kerja otak dalam mengingat sesuatu.
    2. Meningkatkan Kewaspadaan
      Sebuah studi dari NASA menemukan bahwa 40 menit akan meningkatkan kewaspadaan sampai dengan 100 persen. Penelitian lain menemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga.
    3. Meningkatkan Mood
    4. Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreativitas
      Menurut ilmuwan napologist, Sara Mednick C, tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam. Manfaat tidur siang juga meningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru dan membuka wawasan yang ada di otak anda.
    5. Mengatasi Insomnia
      Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia (susah tidur di malam hari). Kebiasaan gejala susah tidur saat malam hari ini tidak baik bagi kesehatan.
    6. Mengurangi Stress
      Stress merupakan salah satu sumber penyakit berbahaya lainnya seperti gangguan syaraf dan jantung. Banyaknya aktivitas yang dikerjakan, otak menjadi lebih tegang karena terlalu banyak berfikir secara terus menerus, bisa menjadi beban bagi otak dan membuat stress yang berlebihan. Betapa pun banyaknya aktivitas yang dijalani, sebaiknya dapat tidur siang beberapa menit saja.
    7. Mencegah penyakit Jantung dan Stroke
      Tidur siang pun ternyata juga mampu mencegah penyakit jantung. Jika melakukan tidur siang singkat selama 20-40 menit setiap harinya akan dapat mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke.
    8. Meningkatkan Kesehatan Tubuh
      Kurang tidur menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres, membantu kita dalam respon anggota tubuh. Kelebihan kortisol meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh, Mengurangi tingkat hormon pertumbuhan dan testosteron pada tubuh kita akan membantu mencegah hal ini. Efek dari kelebihan hormon ini akan merusak dan dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.
    9. Meningkatkan Produktivitas
      Orang yang sudah lelah, jika terus di paksakan akan menghasilkan pekerjaan yang sangat tidak baik. Tidur siang adalah salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas.
    10. Meningkatkan Stamina
      11. Mengurangi risiko pikun
      12. Mengembalikan tenaga yang hilang
      13. Meningkatkan efektivitas dalam bekerja
      14. Meningkatkan kebugaran tubuh
      15. Membuang toxin dalam tubuh.
      16. Melancarkan metabolism

    Semoga Bermanfaat!!!

    (Bambang Fouristian/Net)

    Berita Terbaru

    spot_img