spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Manfaat Jambu Batu untuk Kesehatan Anda

    BANDUNG,FOKUSJabar.id:  Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand.

    Memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis dan mengandung banyak vitamin C.

    Banyak manfaatnya bagi kesehatan. Berikut beberapa diantaranya:

    Mencegah Kanker

    Untuk mencegah kanker karena mengandung kalori dan lemak rendah. Selain itu, kandungan vitaminnya juga cukup tinggi.

    Baca Juga: 11 Manfaat Bunga Honje untuk Tubuh Kita

    Kandungan antioksidan dalam buah jambu biji merah juga efektif dalam mencegah pertumbuhan sel kanker secara signifikan jika anda mengonsumsinya secara rutin.

    Melancarkan Pencernaan

    Jambu biji mengandung serat larut sebanyak 5,4 gram dalam setiap buahnya. Serat inilah yang kemudian mampu melancarkan pencernaan dan menghindarikan terjadinya penumpukan kotoran di dalam usus.

    Selain itu, berfungsi dalam melindungi membrane usus dari ikatan zat kimia yang berbahaya dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. zat kimia itulah yang disinyalir menjadi penyebab kanker.

    Menjaga Fungsi Saraf dan Otak

    Dengan mengonsumsi secara rutin buah jambu biji merah itu berarti anda juga sedang berusaha menjaga fungsi saraf dan otak karena mengandung vitamin B3 dan vitamin B6 yang mampu merangsang kinerja otak.

    Vitamin B6 atau yang juga dikenal dengan istilah pyridoxine ini juga berfungsi sebagai pelancar aliran darah dan dapat memberikan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dan saraf.

    Menangkal Radikal Bebas

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kandungan vitamin C dalam buah jambu biji merah ini sangatlah tinggi dan bisa dijadikan sebagai antioksidan alami dalam tubuh. antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas dengan sangat efektif.

    Radikal bebas yang berkembang saat ini dari lingkungan sangatlah mengkhawatirkan misalnya saja dari berbagai jenis polusi, seperti asap rokok, asap kendaraan, sinar UV berlebihan dan masih banyak lagi lainnya.

    Mengendalikan tekanan darah

    Kandungan senyawa elektrolit yang bernama kalium di dalam buah jambu biji merah juga sangat baik bagi tubuh. kalium mampu membantu mengendalikan tekanan darah tinggi akibat dari adanya reaksi natrium.

    Menyehatkan Kelenjar Tiroid

    Tiroid merupakan kelenjar yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. jika fungsinya terganggu maka bisa membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu. Untuk membantu menyehatkan kelenjar tiroid, anda bisa mengonsumsi buah jambu biji merah karena di dalamnya mengandung mineral tembaga yang sangat baik untuk kesehatan kelenjar tiroid.

    Membantu menyerap Nutrisi

    Senyawa lain yang ada di dalam buah jambu biji merah adalah mangan. Mangan ini memiliki fungsi mulia yaitu sebagai pembantu dalam penyerapan nutrisi saat makanan berada di dalam usus.

    Merelaksasi Tubuh

    Jika anda saat ini sedang penat dengan keseharian dan kesibukan pekerjaan cobalah untuk membuat jus jambu biji merah tanpa gula. Lalu rebahkan tubuh anda. Tindakan kecil namun bisa membuat mood anda terbentuk kembali.

    Buah jambu biji merah mengandung magnesium yang mampu membuat efek rileks pada tubuh. Magnesium mampu mengendurkan otot dan saraf yang tegang karena kurang istirahat dan stress.

    Baik untuk Bumil

    Lagi-lagi karena kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang ada di dalam buah jambu biji merah membuat buah jambu biji merah sangat baik dikonsumsi oleh para ibu hamil (Bumil). Vitamin dan nutrisinya mampu melindungi janin dan juga menjaga kesehatan bumil.

    Anda yang saat ini sedang hamil jangan sampai lupa menambahkan buah jambu biji merah ke dalam menu harian anda karena mampu mencegah anemia dan melengkapi gizi yang baik untuk kesehatan ibu dan janin.

    Selain itu resiko diabetes saat masa kehamilan juga bisa ditekan dengan mengonsumsi buah jambu biji merah ini sehingga meskipun hamil, tubuh tetap sehat dan bugar.

    Tak hanya buahnya, Daunnya pun mengandung berbagai senyawa metabolit sekunder. Antara lain, tanin, minyak atsiri, flavonoid, dan saponin.

    Senyawa-senyawa tersebut berpotensi sebagai antioksidan dan bahan pengawet alami dan dikenal sebagai bahan obat tradisional untuk batuk dan diare. juga dianggap berkasiat untuk membantu penyembuhan penderita Demam Berdarah Dengue (DBD).

    Tiga helai daun direbus dengan dua gelas air putih. Setelah disaring baru kita mnum oleh sipenderita diare.

    (Bambang Fouristian/Net)

    Berita Terbaru

    spot_img