spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    HAN 2020, Psikolog: Ini Kiat Keberhasilan Anak Belajar di Rumah

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Psikolog Rumah Konsultasi Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima mengatakan, Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2020 dilakukan di tengah tatanan normal baru virus Corona yang mengharuskan para orang tua, keluarga dan sekolah menyesuaikan cara pengasuhan/pembelajaran dengan kondisi saat ini.

    “Hal terpenting dalam kegiatan pembelajarannya adalah menciptakan suasana yang nyaman agar anak-anak tidak jenuh dan dapat tetap semangat dalam melakukan kegiatan belajar di rumah,” kata Aulia Prima Kamis (23/7/2020).

    Baca Juga: Belajar di Rumah Jadi Tantangan Bagi Guru

    “Komunikasi yang lancar antara sekolah dan orangtua, terutama mengenai materi pembelajaran dan tantangan yang mungkin dihadapi orangtua saat di rumah, juga menjadi kunci keberhasilan proses belajar untuk anak-anak,” kata dia menambahkan.

    Dia juga memberikan kiat agar orangtua menerapkan rutinitas. Menurutnya, rutinitas yang dapat diprediksi dan dilakukan secara terus-menerus, mampu memberikan perasaan yang aman, tenang, dan nyaman di tengah kondisi yang sedang tidak menentu ini.

    “Orang tua perlu ingat, kita bukan menghadapi orang kecil, tapi orang dewasa yang masih kecil, sehingga kita perlu menyiapkan tempat tinggal kita sebagai wadah yang mampu membantu mereka menghadapi tantangan di masa depan,” katanya.

    Orangtua juga berperan penting dalam menumbuhkan minat dan bakat anak.

    Senada disampaikan Psikolog Farraas Afiefah Muhdiar. Kata dia, minat yang merupakan ketertarikan anak pada suatu kegiatan, perlu dieksplorasi sejak dini.

    Sebaiknya untuk anak-anak di usia dini fokusnya tidak hanya pada satu minat saja.

    “Minat dan bakat pada kegiatan seni dan olahraga justru sangat berpengaruh pada faktor kognitif anak atau kecerdasannya. Oleh karena itulah, saat sedang pembelajarannya, menjadi momen yang tepat untuk mengeksplorasi berbagai minat anak melalui bermacam-macam kegiatan,” kata Psikolog Farraas.

    (Bambang/Ant)

    Berita Terbaru

    spot_img