spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Penelitian: Minum Susu Mentah bisa Sebabkan Penyakit

    BANDUNG, FOKUSjabar.co.id: Susu sapi dianggap sebagai minuman paling sehat. Namun, sebuah penelitian menyebut meminum susu mentah dapat menyebabkan penyakit.

    Penelitian yang dilakukan di Universitas California, Davis juga mengatakan susu mentah menjadi sumber infeksi bakteri dalam tubuh.

    Davis meneliti lebih dari 2000 sampel susu dari berbagai bagian di AS, termasuk susu yang dipasteurisasi dengan berbagai cara.

    Ditemukan bahwa susu mentah memiliki prevalensi tertinggi mikroba resisten antibiotik ketika dibiarkan pada suhu kamar.

    BACA JUGA: Ini 5 Manfaat Jahe Bagi Tubuh

    Bakteri dengan gen yang kebal antimikroba, jika ditularkan ke patogen, memiliki potensi untuk menjadi “superbug,” sehingga obat farmasi untuk mengobati infeksi atau penyakit tidak lagi berfungsi.

    Menurut Centers for Disease Control atau Pusat Pengendalian Penyakit Amerika, setiap tahun, hampir tiga juta orang mengembangkan infeksi yang kebal antibiotik, dan lebih dari 35.000 orang meninggal.

    “Namun, para peneliti menyatakan bahwa penelitian ini tidak memiliki niat untuk menakut-nakuti orang, melainkan untuk mendidik mereka. Jika Anda ingin terus minum susu mentah, simpanlah di lemari es Anda untuk meminimalkan risiko berkembangnya bakteri dengan gen yang kebal antibiotik,” kata pemimpin penelitian, Jinxin Liu, seorang peneliti postdoctoral di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan di University of California Davis.

    “Studi kami menunjukkan bahwa dengan penyalahgunaan suhu dalam susu mentah, baik disengaja atau tidak, dapat menumbuhkan bakteri ini dengan gen resistensi antimikroba,” lanjut rekan penulis jurnal Michele Jay-Russell, peneliti mikrobiologi dan manajer di UC Davis Western Center for Food Keamanan.

    (Agung/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img