spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Proyek Tol Cigatas Masuk Proses Lelang Prakualifikasi

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan proyek tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Cigatas di Jawa Barat saat ini dalam proses lelang pra-kualifikasi.

    “Untuk proyek tol Cigatas sedang lelang prakualifikasi (PQ),” ujar Menteri Basuki dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

    Sementara untuk tol Tegal-Cilacap, disebut Basuki, sedang dalam proses prastudi kelayakan.

    “Untuk jalan tol, progresnya secara keseluruhan, tol Bawen-Yogyakarta akan mulai pemasukan penawaran pada tanggal 18 Agustus 2020 dan saat ini dalam proses lelang,” katanya.

    Kemudian tol Yogyakarta-Solo, akan dimulai pengerjaannya pada akhir tahun 2020. “Mudah-mudahan pada September 2020 akan dilakukan penandatanganan kontrak,” tambahnya.

    BACA JUGA: Ditanya Soal Dana Covid-19, Kadistan: Saya Tidak Butuh Anggaran dan Proyek

    Sementara proyek tol Palembang-Jambi dan Jambi-Rengat dalam usulan penetapan lokasi atau penlok. Kemudian untuk tol Probolinggo-Banyuwangi atau Probowangi, target konstruksinya mulai akhir tahun 2020 ini.

    “Sedangkan proyek tol Sukabumi-Cianjur-Padalarang sedang dalam proses desain dasar dan akan dilelang pada tahun 2021 kemudian proses konstruksi dimulai pada 2022,” kata Basuki.

    Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, sembilan proyek tol lain telah disiapkan dan segera memasuki prakualifikasi lelang pada Juni-Juli 2020.

    Selain proyek jalan tol, Kementerian PUPR juga berencana melakukan lelang proyek sistem transaksi tol nontunai berbasis multi-lane free flow (MLFF) di sektor jalan tol.

    Kementerian PUPR menyebutkan empat ruas tol siap beroperasi pada akhir Juni 2020 dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional.

    (Nendy/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img