spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Katak Mini Jenis Baru Ditemukan di Sumatera

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menemukan katak mini Micryletta sumatrana jenis baru dari selatan Pulau Sumatera.

    Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI Amir Hamidy, mengatakan habitatnya hanya ditemukan di kawasan Hutan Jambi dan suaka margasatwa Gumai Pesamah, Sumatera Selatan.

    “Meski demikian, masih terdapat kemungkinan bahwa katak mini Micryletta sumatrana juga hidup di daerah dataran rendah lainnya di selatan Sumatera,” kata Amir.

    “Populasinya belum diketahui, tapi karena tingkat perjumpaan rendah maka kemungkinan populasinya juga enggak banyak,” ujar dia.

    Amir mengatakan hewan itu seukuran uang logam Rp1000. Yang jantan hanya memiliki tubuh 17,4 milimeter, sedangkan betinanya berukuran 22,8 milimeter.

    “Katak mini tersebut tidak beracun, juga memiliki ciri morfologi bagian punggung (dorsal) yang berwarna coklat keemasan dengan sedikit bintik gelap. Bagian perut atau ventral berwarna cokelat gelap disertai corak berwarna putih krem,” katanya.

    BACA JUGA: Topan Kammuri Dekati FIlipina, Sejumlah Pertandingan SEA Games Batal

    Penemuan jenis baru asal Sumateraini berhasil dilakukan karena adanya teknologi molekuler. Teknologi molekuler memungkinkan para peneliti lebih mudah mengindetifikasi DNA hewan tersebut.

    “Setelah dites DNA-nya, ternyata benar beda jenis antara populasi yang ada di Sumatera bagian selatan dengan yang ada di Sumatera bagian utara,” ujar Amir.

    (Agung/Ant)

    Berita Terbaru

    spot_img