spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Sukseskan Program Ketahahan Pangan, Pemkot Banjar Kunker ke KWT

    BANJAR, FOKUSJabar.id : Pemerintahan Kota (Pemkot) Banjar melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) bersama Kapolres kepada sejumlah Kelompok Wanita Tani (KWT) di wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (10/6/2020).

    Dalam Kunker tersebut, Pemkot Banjar mengawali di Desa Raharja, Purwaharja ke KWT Jamaica dengan melakukan interaksi. 

    Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih mengatakan, Kunker dilakukan bersama Kapolres Banjar, AKBP Melda Yanny ke beberapa lokasi pertanian yang dikelola anggota di lahan kosong sekitar area pekarangan rumah.

    BACA JUGA : Pengadaan Alat RDT, Pemkot Banjar Gelontorkan Rp797,6 Juta

    “Pada kunjungan ini, saya bersama Kapolres berkesempatan langsung memamen hasil pertanian, berupa cabai, daun singkong dan pare serta melihat pengelolaan tanaman hidroponik milik kelompok Tani Jamaica ini,” katanya. 

    Pihaknya melanjutkan kunjungan ke KWT di daerah Desa Sinar Tanjung dan Desa Kujangsari, Kota Banjar. 

    “Kami lanjutkan Kunker ke KWT yang ada di Sinar Tanjung untuk melihat pertanian yang digarap di pekarangan rumah warga. Kami juga berksempatan memanen rempah-rempah berupa kunyit,” katanya.

    FOKUSJabar.id Pemkot Banjar
    Pemerintahan Kota Banjar Kunjungi Kelompok Wanita Tani di wilayah Kota Banjar. (FOKUSJabar/Budiana)

    “Kalau di KWT Desa Kujangsari, kami melihat kebun bunga serta memanen tanaman sawi hijau milik anggota kelompok tersebut,” sambung dia. 

    Kunker tersebut dalam rangka memberikan motivasi kepada para KWT agar terus bersemangat dalam mengelola lahan di sekitar rumah

    “Kami motivasi mereka,serta mendorong supaya bisa membantu menyukseskan program pemerintah dari segi ketahanan pangan (sayuran, plaawija dan buah-buahan). Terlebih, saat ini tengah pandemi Covid-19,”kata Ade Uu.

    Selain itu, Ade Uu mengimbau KWT agar bisa mengembangkan keanggotannya untuk bersama-sama mengolah lahan kosong yang bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sehingga lingkungan menjadi lebih asri dan sejuk serta warga mendapatkan tambahan penghasilan dari hasil tanaman yang diolah di sekitar pekarangan rumah.

    “Saya minta, kalau hari ini anggotanya 30 orang, ke depan bisa bertambah menjadi 50 orang serta saya minta semua lahan kosong di sekitaran rumah menjadi produktif. Saya juga akan menyuport bibit tanaman untuk para anggota, sehingga ketahanan pangan warga dapat terjaga dan warga dapat hidup sejahtera,” kata dia.

    Pada kesempatan itu, Wali Kota dan Kapolres Banjar juga meninjau lokasi Kelompok Lumbung Pangan di Desa Muktisari, Langensari yang menjadi salah satu Lumbung Padi Kota Banjar serta mengunjungi perkebunan Belimbing Madu di Desa Waringinsari, Langensari.

    (Budiana/Bam’s) 

    Berita Terbaru

    spot_img