spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Labkesda Pangandaran Buka Layanan Rapid dan Swab Tes Gratis

    PANGANDARAN, FOKUSJabar.id: Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, membuka layanan rapid test dan tes swab selama 24 jam. Layanan diprioritaskan untuk pemudik dan persyaratan bagi warga yang hendak bepergian keluar daerah.

    Kepala UPTD Labkesda Pangandaran Aang Syaefurahmat mengatakan, ketersediaan alat rapid test saat ini diperuntukkan bagi ODP, PDP dan persyaratan warga untuk keluar kota.

    BACA JUGA: Bupati Pangandaran Minta Wartawan Rapid Test Covid-19

    Sedangkan pemeriksaan tes swab PCR (polymerase chain reaction),  difokuskan bagi pemudik yang datang pasca isolasi khusus ditiadakan.

    “Gratis, tidak dipungut biaya. Instruksi dari Dinkes Pangandaran untuk sisa logistik yang ada sekarang digratiskan,” kata Aang, Rabu (3/6/2020).

    Aang menuturkan, pihaknya sedang menunggu petunjuk teknis untuk layanan pemeriksaan COVID-19 ke depan. Apakah dipungut biaya atau tidak.

    “Bagi pemudik yang baru datang (per hari ini-red) akan dilakukan tes swab dengan sampel nasofaring (apus tenggorok di belakang hidung) atau orofaring (belakang mulut),” tuturnya.

    Kemudian, pemudik akan dibekali surat keterangan yang dikeluarkan Labkesda. Pemudik tersebut harus memperlihatkan ke Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19.

    “Selama hasil swab belum keluar, yang bersangkutan wajib menjalankan isolasi mandiri di rumah,” tegasnya.

    (Agus/ars)

     

    Berita Terbaru

    spot_img