spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    TNI-Polri dan Wartawan di Ciamis Jalani Swab Test Covid-19

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Sejumlah anggota TNI-Polri dan wartawan di Kabupaten Ciamis menjalani swab test di halaman Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis, Selasa (2/6/2020). Swab test dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap orang beresiko.

    Satu per satu perwakilan dari Polres Ciamis, TNI Kodim 0613 Ciamis dan wartawan dari PWI dan IJTI Ciamis di-swab. Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio dan Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra beserta jajaran pun ikut menjalani swab test. Tes dilakukan tim Power Ranger Dinkes Ciamis dengan menggunakan APD lengkap.

    “Sekarang lagi swab test untuk yang memang sering kontak dengan banyak orang. Mereka termasuk pelayan publik. Sekarang untuk TNI, Polri dan media. Targetnya kurang lebih 100 orang,” ujar Ketua Tim Penanganan Kasus (PIK) Covid-19 Ciamis, Eni Rochaeni di sela kegiatan swab test, Selasa (2/6/2020).

    BACA JUGA: Pariwisata Alam Baru Di Ciamis Sajikan Pemandangan Indah Gunung Sawal

    Eni menjelaskan, TNI-Polri dan media atau wartawan termasuk orang beresiko tinggi. Tugasnya lebih sering di lapangan bertemu dengan orang berbeda setiap hari. Sehingga otomatis termasuk orang yang diprioritaskan diperiksa.

    “Semoga hasilnya negatif, diketahui sekitar tujuh hari ke depan. Kalau memang ada yang positif akan dilakukan tracking. Orang yang positif itu harus isolasi mandiri,” jelas Eni.

    Sementara, kondisi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Ciamis sebanyak 6 orang yang 5 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan satu orang pasien masih menunggu hasil swab test negatif untuk yang ke dua.

    Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra menyambut baik pelaksanaan swab test yang dilakukan Dinkes Ciamis terhadap anggota TNI-Polri dan awak media. Tes harus dilakukan karena selama ini para personel terjun langsung ke lapangan dalam memberi imbauan pencegahan Covid-19. 

    “Dari tes ini. semoga hasilnya negatif semua. Sehingga TNI-Polri di Ciamis bisa terus melaksanakan kegiatan-kegiatan memberikan imbauan terkait protokol kesehatan dalam pencagahan Covid-19,” ujar Kapolres. 

    Sementara wartawan senior Ciamis, Nurhandoko Wioso menyambut baik pelaksanaan swab test bagi para pekerja lapangan seperti wartawan meski berskala lokal. 

    “Kami sangat mengapresiasi tes yang diselenggarakan pemerintah. Mengingat jika bayar, harganya mahal, ini juga sebagai perlindungan kepada kami. Kami harap ini bisa bertahap diselenggarakan kepada semua pekerja lapangan,” jelas Nurhandoko. 

    (Riza M Irfansyah/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img