spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Pertamina Belum Turunkan BBM Meski Harga Minyak Dunia Turun

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Pertamina belum menurunkan harga BBM meski harga minyak dunia tengah turun. Sejauh ini, Pertamina baru menyediakan program bagi-bagi cashback di tengah pandemi virus Corona.

    Seperti dilansir dari detik.com, harga minyak dunia sudah turun dalam beberapa pekan terakhir. Pada medio April lalu, angkanya sempat minus. Kondisi itu menjadi catatan sejarah tersendiri karena tak pernah sebelumnya harga minyak sampai turun di bawah nol.

    Soal belum turunnya harga BBM, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pihaknya hanya mengikuti formula yang diberikan Kementerian ESDM dalam menentukan harga minyak. Intinya, harga diputuskan oleh pemerintah.

    BACA JUGA: JNE Sumbang Pemprov DKI Jakarta Rp1 M Untuk Perangi Covid-19

    “Pemerintah harus memperkuat konsumsi domestik dengan menurunkan harga BBM 20-30%. Apalagi permintaan turun, harga di luar juga turun kita punya produksi bisa di-manage dengan baik,” kata Direktur Eksekutif INDEF, Tauhid Ahmad.

    Nyatanya, harga BBM belum juga turun sampai hari ini. Pertamina sejauh ini baru memberikan beberapa program cashback. Dengan adanya program ini, mudah-mudahan bisa sangat membantu pekerja harian lepas.

    Yang terbaru adalah program cashback untuk angkot. Program cashback ini diberlakukan mulai Minggu (3/5/2020) kemarin hingga 31 Juli 2020. Sesuai namanya, program ini hanya akan diberikan pada angkutan kota berplat kuning.

    Cashback yang diberikan 50% atau maksimum Rp30 ribu. Cashback diberikan untuk pembelian produk Pertalite dan Dexlite saja. “Kuota konsumen harian adalah 10 ribu transaksi pertama atau 10 ribu angkot pertama per harinya,” kata VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman.

    Cashback untuk angkot ini menyusul cashback yang sebelumnya sudah diberikan untuk ojek online. Pada pertengahan April, Pertamina mengumumkan memberikan diskon BBM sebesar 50% (maksimal Rp15 ribu) bagi 10 ribu pengendara ojek online setiap hari. Oleh Ahok ketika itu, disebutkan program berlaku mulai 14 April sampai 12 Juli.

    Selain itu ada juga cashback buat seluruh pemilik aplikasi MyPertamina. Besarnya cashback ini adalah sebesar 30% (maksimal Rp20 ribu) untuk produk Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex. Program ini dimulai pada 27 April dan akan berlaku sampai 31 Mei.

    (Nendy/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img