spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    XL Axiata dan Menteri PPPA Rilis Sisternet

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan program Sisternet yang fokus pada peningkatan kemampuan perempuan Indonesia di era digital. Peluncurkan aplikasi Sisternet dilakukan secara daring di Jakarta oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Bintang Puspayoga bersama Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini.

    Dian Siswarini menuturkan, pihaknya terus melakukan pengembangan guna lebih memaksimalkan kemampuan Sisternet dalam menjangkau kalangan perempuan di semua lapisan masyarakat. XL Axiata pun membangun aplikasi digital yang mempermudah siapa saja untuk mengakses seluruh program Sisternet.

    “Dengan adanya aplikasi ini, perempuan Indonesia di mana pun berada akan bisa lebih mudah mengakses program-program Sisternet,” ujar Dian.

    BACA JUGA: JNE Sumbang Pemprov DKI Jakarta Rp1 M Untuk Perangi Covid-19 

    Sepanjang tahun, lanjutnya, Sisternet menyelenggarakan banyak kegiatan. Terutama yang bersifat edukasi mengenai berbagai kebutuhan perempuan. Mulai dari pengelolaan keuangan, membangun bisnis sendiri, peningkatan keahlian, hingga parenting.

    “Sebagian besar kegiatan tersebut masih bersifat offline di banyak kota dan dengan adanya aplikasi ini, semua materi program Sisternet bisa diakses secara mudah di mana pun dan kapan pun,” tambahnya.

    Menteri PPPA, Bintang Puspayoga mengapresiasi hadirnya aplikasi Sisternet yang bertujuan untuk memangkas kesenjangan perempuan dan laki-laki dalam hal pemanfaatan teknologi informatika. Aplikasi Sisternet yang dikembangkan XL Axiata, menjadi salah satu contoh kontribusi nyata dunia usaha mendukung program-program pemerintah bagi kemajuan bangsa Indonesia.

    “Kami berharap, aplikasi Sisternet dapat menjadi sumber inspirasi, tidak hanya bagi perempuan Indonesia tapi juga dunia usaha lainnya untuk dapat terus memunculkan inovasi-inovasi yang dapat mendukung pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Indonesia,” ujar Bintang.

    Aplikasi Sisternet bisa diunduh di Google Playstore untuk ponsel Android dan App Store untuk iPhone. Aplikasi yang disiapkan selama 5 bulan ini akan memuat berbagai agenda program yang dibagi dalam 3 segmen fitur. Yaitu Sister Berbagi, Agenda Berbagi, dan Modul Pintar.

    Pada segmen Sister Berbagi akan tersaji kumpulan artikel yang bersifat inspiratif dan motivatif bagi kaum perempuan untuk bisa lebih mandiri dan berdaya. Lalu Segmen Agenda Berbagi akan menyajikan kelas-kelas edukasi yang mengajarkan berbagai ketrampilan digital, cara mendapatkan inspirasi, hingga bagaimana membangun jaringan serta bisa diakses secara gratis.

    Sementara segmen Modul Pintar menyediakan modul-modul edukasi dalam format audio visual mengenai beragam topik yang diajarkan para ahli di bidangnya. Saat ini, sudah tersedia sekitar 40 modul audio visual mengenai digital parenting, karir, kewirausahaan, dan pengelolaan keuangan. Modul Pinter merupakan segmen yang paling banyak diakses oleh publik di website Sisternet.co.id.

    Selain itu, sejumlah fitur pun sedang disiapkan. Antara lain Portal Forum yag berupa forum diskusi antarpelaku UKM perempuan. Lalu Media Podcast yang menyediakan berbagai informasi dan materi-materi audio inspiratif. Kemudian fitur Panic Button, sebagai sarana untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img