spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Makam Keramat Eyang Haji Kutajayana Dijaga Prajurit Perempuan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Makam Keramat Eyang Haji Kutajayana yang berada di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, konon ditunggu seorang prajurit wanita yang setia. Prajurit wanita setia tersebut bersemayam di sebuah batu di luar komplek makam.

    Ketua Paguyuban Adat Desa Nagarapageuh, Eman Sulaeman menuturkan, Eyang Haji Kutajana selama hidupnya merupakan seorang ulama yang menyebarkan agama Islam pertama di Desa Nagarapageuh. Beliau sosok yang termashur dan dicintai masyarakat karena menyebarkan agama Islam dengan penuh perdamaian.

    “Setiap Eyang Haji Kutajayana berkeliling untuk melaksanakan dakwah menyebarkan agama Islam di tengah masyarakat, prajurit itulah yang mengawalnya,” kata Eman, Senin(27/4/2020).

    Eman menambahkan,sampai akhir hayatnya, karena kesetianya berbakti, prajurit tersebut tetap setia mengawal Eyang Haji Kutajayana dan konon sampai saat ini.

    “Batu yang di diami prajurit ghaib itu awalnya berada agak jauh dari komplek makam Eyang Haji Kutajayana. Namun saat ini berada dekat karena telah dipindahkan warga,” tuturnya.

    BACA JUGA : Polres Banjar Pasang Spanduk dan Billboard Imbauan Covid-19

    Eman mengatakan, secara fisik, batu tersebut banyak mempunyai keanehan. Pasalnya, dalam permukaan batu tersebut banyak guratan-guratan seperti aksara.

    “Sampai saat ini, guratan dalam permukaan batu masih belum ada yang bisa menerjemaahkan atau mengartikan maksud guratan itu,” jelasnya. 

    Sementara itu, lanjut Eman, makam keramat Eyang Haji Kutajayana banyak didatangi peziarah untuk berdoa di malam-malam tertentu . “Cukup banyak juga peziarah dari luar daerah yang berziarah kesini,” pungkasnya.

    (Husen Maharaja/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img