spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Mayat Korban Covid-19 Ditemukan Warga di Perkampungan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Sesosok mayat tanpa identitas ditemukan warga tergeletak di sekitar perkampungan penduduk di Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (22/4/2020).

    Penemuan jasad mayat tersebut pun membuat warga sekitar geger dan tidak berani mendekat. Pasalnya, kondisi saat ini dimana pandemi Covid-19 sedang mewabah, penanganan mayat harus sesuai standar protokoler kesehatan dalam mengevakuasinya.

    Saat warga kebingungan mengevakuasi mayat  tanpa identitas tersebut, salah seorang warga berinisiatif untuk menelepon pihak kepolisian Polres Ciamis.

    Baca Juga : Viking Jerman Bersama Masyarakat Membuka Dapur Umum

    Tak membutuhkan waktu lama, tim Inavis Polres Ciamis dan TNI-AD Kodim 0613 Ciamis dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap datang di lokasi. Petugas pun langsung mengevakuasi mayat itu dengan protap penangan evakuasi jenazah terpapar Covid-19.

    Menurut Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, kejadian tersebut merupakan simulasi dan pelatihan penanganan serta pemulasaraan jenazah korban Covid-19 bagi anggota Polres Ciamis.

    “Tadi kami bersama unsur TNI dan Kesehatan telah melaksanakan pelatihan tata cara penanganan jenazah yang terpapar Covid-19 sesuai protap,” ujar AKBP Dony Eka.

    Dony mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut ditujukan untuk membekali para anggota Polres Ciamis apabila sewaktu-waktu dibutuhkan dalam merawat jenazah yang terpapar Covid-19 di wilayah hukum Polres Ciamis.

    “Yang pertama harus kita pahami saat mengurus jenazah Covid-19 itu menggunakan APD lengkap sehingga kita tidak terpapar dalam melaksanakan tugas,” ucapnya.

    Dony melanjutkan, dengan memahami prosedur penanganan korban Covid-19, diharapakan anggota saat melaksanakan tugas dapat mengantisipasi keselamatan dirinya masing-masing dan tidak terpapar Covid-19.

    “Mudah-mudahan saja pelatihan ini tidak sampai dilaksanakan dengan korban yang sesunggunya. Hanya saja pelatihan ini untuk kesiapan seandainya ada kejadian yang kita tidak diharapkan,” pungkasnya.

    (Husen Maharaja/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img