spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Nyalindung Dijaga Sosok Karuhun ‘Aki Kolot’

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Puluhan tahun silam, siapapun yang berniat jahat memasuki wilayah Blok Nyalindung Dusun Pasirpeuteuy, Desa Pawindan, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, konon tidak akan bisa keluar perkampungan tersebut.

    Menurut Jenal (75), warga Dusun Pasirpeuteuy, menurut cerita orangtuanya,orang yang akan berbuat jahat di Blok Nyalindung tidak akan berhasil membawa hasil curianya keluar perkampungan.

    “Menurut orang tua saya, kampung Nyalindung dilindungi oleh karuhun,” kata Jenal, Kamis (17/4/2020).

    Baca Juga: Aplikasi Belanja Hapus Permanen Akun yang Jual Rapid Test Covid-19

    Jenal menuturkan, konon menurut orang tuanya sosok karuhun penjaga perkampungan tersebut disebut warga ‘Aki Kolot’. Ini karena penampilanya seperti seorang kakek berpenampilan jawara berpangsi hitam.

    “Sosok penjaga perkampungan kami, berdasarkan cerita dari orang tua, berpenampilan layaknya seorang Jawara,” tambahnya.

    Jenal menambahkan, keberadaan penjaga perkampungan itu pun pernah terbukti. Saat seorang pencuri melakukan aksi, justru tertidur di kebun dekat perkampungan dengan membawa hasil curianya usai beraksi

    “Saat ditanya warga, pencuri itu mengaku tidak bisa keluar perkampungan karena terus dikejar sosok kakek yang berpenampilan seorang jawara sehingga dia kelelahan dn tertidur,” tuturnya.

    Berdasarkan cerita tersebut, lanjutnya, sejumlah masyarakat pun mulai memercayai jika di wilayah tersebut memang dijaga kalangan mahluk halus yang akrab disebut ‘Aki Kolot’ tersebut.

    “Namun seiring jaman, cerita itu kini sudah tidak terdengar lagi kalau ada pencuri tidak bisa keluar perkampungan dari Blok Nyalindung,” pungkasnya.

    (Husen Maharaja/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img