spot_img
Kamis 22 Februari 2024
spot_img
More

    Aplikasi Belanja Hapus Permanen Akun yang Jual Rapid Test Covid-19

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Sejumlah layanan ecommerce (aplikasi belanja online) menangguhkan secara permanen akun pedagang online yang menjual alat rapid test penyakit Covid-19 akibat infeksi virus corona SARS-CoV-2, Senin (13/4/2020).

    Penangguhan ini telah dilakukan oleh Tokopedia, Lazada dan Bukalapak. Sementara Shopee masih belum memberikan keterangan terkait hal ini.

    Vice President of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan pihaknya telah menutup secara permanen ribuan toko yang terbukti melanggar karena menjual produk kesehatan yang tidak diperbolehkan dijual secara bebas.

    “Menanggapai produk/harga/judul/deskripsi tidak wajar dan yang terbukti melanggar di kategori kesehatan maupun kebutuhan pokok lain sebagai dampak dari Covid-19, Tokopedia telah menutup permanen ribuan toko online dan melarang tayang ratusan ribu produk yang terbukti melanggar,” kata Nuraini.

    Baca Juga: Ini Dia 6 Kebiasaan Makan yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Sebelumnya, Kemenkominfo menyebut tengah melakukan penghapusan (take down) konten terkait penjualan alat rapid test di berbagai layanan e-commerce.

    Namun, berdasarkan pantauan Senin (13/4/2020) layanan alat rapid test itu dapat dengan mudah ditemukan di Tokopedia, Bukalapak, Bhinneka dan Shopee. Namun, penjual alat rapid test tak terlihat di layanan Blibli.com.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img