spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Ini Dia 6 Kebiasaan Makan yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sistem kekebalan tubuh dapat dipengaruhi oleh pola kebiasaan makan yang baik, dan sebaliknya sistem imunitas tubuh dapat lemah kebiasaan makan yang buruk.

    Tubuh rentan terkena infeksi virus dan bakteri, serta peradangan apabila sistem imun tubuh lemah, dilansir cnn, (13/4/2020).

    Hindari kebiasaan makan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

    Ini dia enam kebiasaan makan yang dapat melemahkan tubuh :

    1. Kebiasaan makan banyak gula

    Kebiasaan ngemil merupakan kebiasaan buruk makan di rumah. Kandungan terlalu banyak gula dalam camilan bisa melemahkan imun dan memperburuk kesehatanmental.

    Menurut studi mengkonsumsi gula berlebihan membuat kemampuan sel kekebalan menelan bakteri menjadi berkurang.

    Berdasarkan rekomendasi Kemenkes asupan gula per hari maksimal 50 gram atau setara 4 sendok makan.

    2. Terlalu banyak konsumsi garam

    Bahan makanan yang dikonsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan defisiensi imun sehingga kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakter berkurang.

    Menurut Kementrian Kesehatan rekomendasi konsumsi garam per hari hanya 5 gram atau 1 sendok teh.

    3. Terlalu banyak lemak

    Konsumsi lemak berlebih juga dapat melemahkan kondisi imun tubuh. Lemak berlebih dikaitkan dengan obesitas, selain itu juga dapat melemahkan kekebalan tubuh.

    Saran Kemenkes adalah asupan lemak maksimal per hari adalah 67 gram atau setara lima sendok makan saja. Lemak terdapat pada minyak goreng dan juga makanan harian.

    4. Terlalu banyak kafein

    Selama work from home tanpa disadari sering dikonsumsi, hal ini dapat melemahkan sistem imun tubuh.

    Akibat dari terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan sulit tidur akibatnya kekebalan tubuh ikut menurun dan peradangan lebih mudah terjadi.

    Baca Juga : Ini Dia 5 Hal tentang Masker Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

    5. Melewatkan serat

    Sayur sebagai sumber serat yang tinggi mendukung fungsi kekebalan tubuh terhadap virus.

    Konsumsilah serat dengan memakan sayur-sayuran yang disukai, buah, dan kacang-kacangan.

    6. Konsumsi Alkohol

    Anggapan mengkonsumsi alkohol dapat melepas stress adalah tidak benar, malahan dapat mengancam sistem kekebalan tubuh.

    Dalam jurnal Alcohol Research, terdapat hubungan antara asupan alkohol yang berlebih dan respon imun yang melemah.

    Berakibat pada peningkatan kerentanan terhadap pneumonia dan kemungkinan besar mengembangkan sindrom stress pernafasan akut.

    (Ew)

    Berita Terbaru

    spot_img