spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Ciamis Tambah Anggaran Darurat Covid-19 Rp35 Milyar

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten Ciamis menambah anggaran darurat COVID-19 menjadi Rp35 milyar. Sebelumnya anggaran yang disiapkan dari biaya tak terduga sebesar Rp 11 milyar. Anggaran itu digunakan untuk berbagai keperluan guna mencegah penyebaran virus Corona di Ciamis.

    “BTT (biaya tak terduga) kita gunakan semua, kita gelontorkan meski belum final, satu sampai dua hari ini selesai. Tambahan diangka Rp 34 – Rp 35 milyar,” ujar Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat di Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) COVID-19, Senin (13/4/2020).

    Yana menjelaskan anggaran itu salah satunya untuk disalurkan dalam bentuk Alat Pelindung Diri (APD) para tenaga medis di kabupaten Ciamis, termasuk memberi bantuan bagi warga Ciamis yang terdampak wabah Corona.

    “Kan ada bantuan dari Pusat, Provinsi, Insya alloh dari Pemkab Ciamis juga ada, termasuk dari dana desa,” jelas Yana.

    Pemkab Ciamis saat ini tengah melakukan validasi data warga Ciamis penerima bantuan. Supaya bantuan tersebut tidak tumpang tindih ke masyarakat, bantuan juga termasuk untuk warga miskin baru.

    “Mudah-mudahan secepatnya selesai validasi data, supaya tidak tumpang tindih bantuan dari pusat, provinsi dan Pemkab. Sementara data sekitar 200 ribu kepala keluarga, kurang lebih,” ucap Yana.

    Yana tetap mengingatkan kepada warga Ciamis yang merantua sementara ini tak mudik. Bagi yang sudah mudik harus menjalankan prosedur dan protap wajib isolasi mandiri di rumah, dengan pantauan petugas medis di masing-masing wilayah. Saat ini Pemkab Ciamis juga melaksanakan pengetatan dan pemeriksaan di sembilan titik perbatasan untuk kendaraan yang masuk Ciamis.

    (Riza M Irfansyah/DH)

    Berita Terbaru

    spot_img