spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    17.244 Jamaah Haji Sudah Lunasi BPIH

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) untuk jamaah haji reguler tahap I sudah dibuka sejak hari Kamis (19/3/2020) kemarin. Pada hari pertama, menurut data pada Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia, sudah tercatat sebanyak 17.244 jamaah yang telah melakukan pelunasan.

    Kemenag telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 121 Tahun 2020 tentang Penetapan Kuota Haji Tahun 1441H/2020M. KMA mengatur jika kuota haji Indonesia berjumlah 221.000 yang terdiri dari 203.320 kuota haji reguler dan 17.680 kuota haji khusus. Kuota haji reguler terbagi menjadi tiga yakni 199.518 untuk jamaah haji reguler tahun berjalan, 2.040 prioritas kuota jamaah haji lanjut usia, dan 1.512 untuk kuota petugas haji daerah.

    “Artinya sudah 8.6 persen kuota jamaah haji yang sudah melunasi sampai saat ini,” ujar Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin, Jumat (20/3/2020).

    Baca Juga: PDP Covid-19 Asal Pangandaran Ditolak 5 Rumah Sakit

    Menurutnya, pelunasan BPIH tahap pertama bagi jamaah haji reguler akan berlangsung sampai dengan 17 April 2020. Pelunasan dilakukan pada setiap hari kerja.

    “Pelunasan BPIH dilakukan pada Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH tempat setoran awal dengan menunjukkan bukti pembayaran setoran awal BPIH lembar pertama. Mulai tahun ini, selain datang langsung ke Bank Penerima Setoran awal (BPS), pelunasan bisa dilakukan secara non teller melalui internet dan mobile banking,” jelas Muhajirin.

    “Sebelum melakukan pelunasan, jamaah yang berhak melakukan pelunasan biaya haji tahun ini agar melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas atau rumah sakit. Sebab, keterangan istitha’ah secara kesehatan, menjadi salah satu syarat melakukan pelunasan,” sambungnya.

    Kemenag telah merilis daftar nama jamaah berhak lunas, daftar nama tersebut bisa dicek langsung di Kantor Kemenag kabupaten/kota setempat.

    “Untuk memudahkan jamaah, kami juga siapkan aplikasi haji pintar, sehingga jamaah bisa melakukan pengecekan dari rumah masing-masing,” terangnya.

    “Aplikasi haji pintar sudah tersedia di Play Store. Aplikasi tersebut bisa di download dengan nama ‘Haji Pintar’ dengan icon Kabah dan tulisan ‘Haji Pintar’,” pungkasnya.  (Asep/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img