spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Warga Sukaluyu Garut Siap Bergabung dengan DOB Gatra

    GARUT,FOKUSJabar.id: Secara serentak, 11 Pemerintahan Desa (Pemdes) se-Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat gelar Musyawarah Desa (Musdes) terkait Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Limbangan Garut Utara (Gatra), Rabu (4/3/2020).

    Terpantau FOKUSJabar.id, Musdes Sukaluyu dihadiri Kepala Desa (Kades), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Majelis Ulama Indonesia (MUI), para Ketua RW, RT dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

    Mereka berembuk dan membahas DOB Gatra. Alhasil, para peserta rapat sepakat dan siap bergabung dengan daerah persiapan DOB Kabupaten Limbangan.

    BACA JUGA: 32 Orang Positif Covid-19 di Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya

    “Para peserta Musdes sepakat DOB dan kita bergabung bersama daerah persiapan DOB Kabupaten Limbangan,” kata Sekretaris Desa (Sekdes) Sukaluyu, Arief Sukma Herdiana di Aula Desa setempat.

    Meski menyetujui dan siap bergabung, peserta Musdes meminta untuk calon Ibukota Kabupaten di wilayah Kecamatan Cibatu yang notabene strategis dan terhindar dari kemacetan lalu lintas.

    “Forum musyawarah menginginkan untuk calon Ibukota Kabupaten di wilayah Kecamatan Cibatu,” kata Arief kepada FOKUSJabar.id.

    Dia optimistis, dengan DOB, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) akan meningkat karena terjadi pemerataan pembangunan.

    Ketua BPD Sukaluyu, Hayun Syafrudin menyebut banyak keuntungan dari DOB. Mulai dari percepatan pembangunan, keamanan, pendidikan hingga kesejahteraan masyarakat. Dengan begitu berimbas pada peningkatan IPM.

    Terlebih, IPM Kabupaten Garut saat ini menduduki peringkat 25 dari 27 Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Barat. Penyebabnya kata Hayun, karena luas wilayah yang mencapai 3.500 km.

    “Jadi, DOB solusi untuk meningkatkan IPM,” ujarnya.

    Sementara Kades Sukaluyu, Asep Kurniawan mengatakan, hasil Musdes segera dilaporkan ke tingkat Kecamatan. Selanjutnya disinkronkan dengan 10 Pemdes yang ada.

    “Dari 11 Desa yang ada, nanti akan dilihat suara terbanyak. Apakah Kecamatan Sukawening menyepati atau tidak DOB Gatra,” singkat Asep.

    Perlu diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut tengah menyosialisasikan pemenuhan persyaratan adminsitrasi pembentukan  calon daerah persiapan Kabupaten Limbangan Garut Utara.

    (Andian/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img