Jumat 18 September 2020

Ditarget Rampung 2021, Pembangunan Masjid Besar Mangkubumi Dikebut

TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id: Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman meninjau langsung proses pembangunan Masjid Besar Mangkubumi, Kamis (6/2/2020).

Masjid Besar Mangkubumi yang berlokasi di Jalan Cikiray, Kelurahan Cigantang, tepatnya di depan Kantor Kecamatan Mangkubumi, merupakan salah satu prioritas pembangunan di wilayah Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Karenanya, Budiman menaruh perhatian serius agar pembangunannya segera diselesaikan.

“Masjid Besar Mangkubumi menjadi skala prioritas pembangunan dan harus segera diselesaikan. Pasalnya, ini sarana ibadah bagi umat muslim yang menyangkut dengan Hablumminallah,” ungkap Budiman.

Untuk memperlancar proses pembangunannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya terus membantu dalam bentuk bantuan anggaran maupun bantuan hibah barang.

“Memang anggaran pembangunannya dari swadaya masyarakat cukup besar, namun kita tetap memberikan bantuan dana. Kita bisa usahakan juga bantuan dari CSR perusahaan,” jelasnya.

“Saya ingin akhir tahun ini Masjid sudah bisa digunakan untuk melaksanakan ibadah. Walaupun belum tuntas seratus persen, tapi sudah bisa dipakai,” sambungnya.

Camat Mangkubumi, Dahlan Arifin menjelaskan, proses pembangunan Masjid sudah mencapai 25 persen.

“Sebenarnya proses pembangunan Masjid besar ini ditargetkan selesai tahun 2021. Tetapi bangunannya diusahakan rampung akhir tahun 2020,” ungkapnya.

Penataan lingkungan Masjid Besar nantinya akan dibangun gerbang, jalan, taman, lahan parkir, drainase, MCK, tempat wudhu serta pemagaran lahan.

“Pembangunan Masjid Besar ini di atas lahan seluas 250 bata. Estimasi anggaran yang masih dibutuhkan sampai finishing berkisar Rp800 juta. Sudah diajukan dalam Musrenbang, sehingga target tahun 2021 pembangunannya selesai tepat waktu,” tutupnya.

(Seda/Bam’s)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Jamaah Pengajian UAS di Kota Banjar disiram Air Keras

BANJAR, FOKUSJabar.id: Salah seorang jemaah pengajian Ustadz Abdul Somad (UAS)...

Wartawan Cirebon Sesalkan Sikap Polres Ciko Yang Terkesan Tertutup

CIREBON,FOKUSJabar.id: Pewarta di wilayah Cirebon mengaku kurang mendapat kemudahan dalam informasi pemberitaan dari Polres Cirebon Kota (Ciko). Baik pewarta dari media lokal maupun nasional. Para...

Dendam Asmara Picu Penyiraman Air Keras

BANJAR,FOKUSJabar.id: Dendam asmara menjadi pemicu pelaku AG menyiramkan air keras ke wajah korban Saepul Rohman. Korban adalah salah seorang jamaah pengajian Ustadz Abdul Somad (UAS)...

Pembelajaran Tatap Muka dilakukan SMAN 1 Banjar

BANJAR,FOKUSJabar.id: SMA di Kota Banjar memulai sekolah dengan pembelajaran tatap muka, Senin (14/9/2020). Setelah beberapa bulan kemarin sekolah menggunakan sistem daring atau pembelajaran jarak...

Gegara ini, Kepala Dinas Pertanian Pangandaran Dipanggil Bawaslu

PANGANADARAN, FOKUSJabar.id: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran memanggil satu orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Pangandaran berinisial SU. SU yang diketahui merupakan kepala dinas...

Polda Jabar Ajak Masyarakat Bersinergi Jaga Ketertiban dan Keamanan

BANJAR,FOKUSJabar.id: Polda Jabar mengajak masyarakat untuk bersinergi dalam menjaga ketertiban dan keamanan di berbagai wilayah di Jabar. "Potensi masyarakat mempunyai kemampuan untuk membantu kinerja Polri....

Trump: AS Distribusikan 100 Juta Dosis Vaksin Corona Desember

AMERIKA SERIKAT,FOKUSJabar.id: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, mengatakan sedikitnya 100 juta dosis vaksin virus corona sudah bisa didistribusikan di AS pada Desember 2020. "Begitu...