spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Inilah 6 Usaha Kuliner yang Trend di Tasikmalaya Tahun 2020

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id: Tahun 2020 usaha kuliner masih prospek. Memang usaha makanan yang tak pernah mati meskipun kondisi ekonomi sedang sulit. Karena semua orang butuh makan. Usaha kuliner di Kota Tasikmalaya lima usaha ini mengantarkan pengelolanya sejahtera. Tapi memang tak mudah untuk sukses dalam menjalankan usaha kuliner tersebut.

    Lima usaha kuliner tersebut adalah:

    1 Usaha Baso dan Mie Ayam

    Tasikmalaya kota baso. Basonya enak pisan euy…” kata Rahmat warga Jakarta yang baru saja menikmati baso di kawasan Masjid Agung Tasikmalaya. Baso Tasik memang terkenal, usaha warung baso banyak dijumpai di Tasikmalaya.

    Salah satu bakso terkenal adalah bakso SR Baso Laksana, Baso Firman, ada jugabaso Mas Wiji di Jalan Miitra Batik dan Pancasila. Masing-masing penjual baso dan mie ayam memiliki rasa berbeda. Mereka punya pelanggan sendiri . Jika cocok dengan lidah pembeli maka mereka akan kembali lagi.

    2.Usaha Nasi Goreng

    Nasi goreng memang ada di mana-mana. Di Tasik yang enak adalah di Jalan Mitra Batik. Rata-rata satu porsi harga yang ditawarkan Rp 10.000. Cara berjualan nasi dan mie goreng bisa dimangkal di satu tempat atau berkeliling. Jika dikelola dengan baik usaha ini bisa memiliki kelas dengan merk dagang yang dapat bersaing dengan makanan cepat saji lainnya. Anda bisa kembangkan usaha ini dengan penambahan bentuk sajian dan rasa. Misalnya, ada nasi goreng kambing, pete, ayam, nasi goreng ijo, nasi goreng teri, sosis, ati ampela, bahkan nasi goreng gila yang rasanya super pedas. Sedangkan mie goreng juga bisa dibuat variasi sesuai selera pembeli. Usaha Goregan Jenis usaha goregan juga tetap dicari oleh pembeli yang ingin menikmati cemilan yang murah meriah.

    Baca Juga: Pilkada Tasikmalaya, Hade-Yakin Sudah Deklarasi, Gerindra Bagaimana ?

    3.Aneka gorengan

    Orang Indonesia memang suka ngemil. Dan mereka suka gorengan. Nah di kota Tasikmalaya banyak sekali penjual gorengan di pinggir jalan. Jensinya mulai dari goreng tempe, tahu, pisang, sukun, cireng, comro, misro, bakwan atau bala-bala dan masih banyak lagi yang bisa Anda buat. Namun kalo usaha gorengan dibuat dengan satu varian saja, misalnya seperti usaha goregan pisang kipas yang sempat booming, usaha ini bisa hilang setelah trennya hilang. Karena pembeli juga akan merasa bosan dan akan beralih ke jenis gorengan lain.

    4. Usaha Martabak

    Salah satu martabak yang terkenal di Kota Tasikmalaya adalah Martabak Ramayana. Wah pelanggannya berjubel. Urang Tasik khususnya memang suka sekali martabak manis. Harga jual makanan martabak juga bervariasi mulai dari yang murah sampai yang mahal. Dipingir jalan saja, ada martabak dengan harga jual mulai Rp.9.000,- sampai dengan Rp30.000,- bahkan bisa lebih tergantung jenis martabak yang dijual. Varian martabak bisa dibuat berbagai pilihan rasa sesuai kesukaan pembeli. Dan jenis martabak yang dijual bisa bervariasi, misalnya martabak manis dan martabak telor.

    5. Warung Pecel lele dan ayam goreng

    Penjual pecel lele di Tasikmalaya didominasi oleh wong Lamongan. Ya pecel lele Lamongan ini memang sangat terkenal dan banyak dijual di setiap sudut kota Tasikmalaya. Meski banyak, tapi yang memberdakan adalah rasa sambalnya pas dilidah pembeli karena rasa sambal tiap penjual pecel lele berbeda-beda.

    Saya pernah temui rasa sambal pecel lele yang sangat enak, pedah dan gurih. Tenyata kuncinya adalah memakai kacang mede sehingga tekstur sambalnya berbeda dengan sambal pecel lele ditempat lain yang pernah saya jumpai. Usaha pecel lele sering kita temui mulai dari pingir jalan sampai yang memiliki outlet yang bagus disebuh ruko atau pusat perbelanjaan. Bahkan usaha ini jika berkembang bisa di buat frencise Itulah 5 usaha yang bisa Anda pilih jika ingin berbisnis makanan. Lain waktu saya akan tulis usaha lainnya yang memiliki peluang cukup bagus. (der)

    6 Usaha Tutug Oncon

    Nasi tutug oncom khas Tasikmalaya memang sangat terkenal masakan khas Sunda ini dibuat dengan campuran nasi dengan oncom serta bumbu. Bumbu yang digunakan untuk membuat sajian ini terdiri dari bawang, kencur dan berbagai jenis rempah lainnya.

    Warung nasi tutug oncom yang terkenal berlokasi di Jalan Cikarang Girang No. 56, Kota Tasikmalaya . Dengan konsep warung makan lesehan ala Sunda dari bambu yang nyaman dan bisa dijadikan tempat bersantai.

    Selain tutug oncom yang jadi menu andalannya, warung makan ini juga memiliki ragam menu lain seperti ayam goreng atau ikan goreng yang enak dinikmati bersama dengan lalapan plus sambal pedas.

    (dar)

    Berita Terbaru

    spot_img