Kamis 24 September 2020

Bangun Sinergitas, FORKI Jabar Gelar Rakor Pelatda PON XX Bareng Perguruan dan Kota/Kabupaten

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Jawa Barat menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan pelaksanaan pelatda PON XX dengan melibatkan perguruan dan pengcab FORKI kota/kabupaten asal atlet. Rapat digelar di Aula KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (16/1/2020).

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) FORKI Jabar, Arif Hardiana menuturkan, diundangkan perguruan serta pengcab FORKI kota/kabupaten asal atlet diharapkan bisa membangun sinergitas yang baik dalam pelaksanaan Pelatda PON XX. Dengan demikian, tujuan bersama yakni untuk mempertahankan prestasi yang sudah diraih di PON XIX tahun 2016 lalu bisa tercapai.

“Atau bahkan kita bisa meningkatkan prestasu sebelumnya jika sinergitas diantara perguruan dan pengcab FORKI kota/kabupaten dengan FORKI Jabar terjalin dengan baik,” ujar Arif saat ditemui di sela-sela rapat, Kamis (16/1/2020).

Setidaknya delapan perguruan dan tujuh pengcab FORKI Kota/Kabupaten ikut dalam rakor tersebut. Yakni perguruan Inkanas, Inkai, Lemkari, KKI, BKC, Inkado, Wadokai dan Kei Shin Kan. Sedangkan tujuh pengcab FORKI kota/Kabupaten yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cirebon.

“Kita ingin kolaboratif dengan mereka dalam pelaksanaan pelatda PON XX tim karate Jabar. Menampung dan mempertimbangkan ide serta gagasan dari mereka untuk pelaksanaan pelatda PON XX ini. Seperti saran dari Lemkari yang berharap pelaksanaan latihan atlet bisa dilakukan di negara pecahan Soviet. Ini bagus, dan kita memang membutuhkan masukan dari semua pihak sehingga pelaksanaan pelatda berjalan dengan baik,” tuturnya.

Selain menjalin sinergitas diantara semua insan olahraga karate, lanjutnya, kebersamaan yang terjalin diharapkan bisa mendorong setiap perguruan maupun pengcab FORKI kota/kabupaten asal atlet ikut bertanggungjawab terhadap keberlangsungan pelaksanaan pelatda. Semua pihak saling mendukung perjuangan atlet dan pelatih untuk bisa menampilkan kemampuan terbaik mereka dan meraih prestasi tertinggi di PON XX.

“Kalau hanya mengandalkan KONI Jabar atau FORKI Jabar, tentu akan sulit. Kita berharap, apa yang sudah dicanangkan untuk PON XX ini bisa didukung semua insan olahraga karate. Terutama perguruan dan pengcab FORKI kota/kabupaten yang atletnya masuk didalam komposisi tim,” terangnya.

Arif menambahkan, pelaksanaan pelatda PON XX tim karate Jabar sendiri rencananya akan mulai digelar pada Senin (20/1/2020). Sebelumnya, pihaknya akan melakukan pre-test terlebih dahulu terhadap atlet-atlet karate yang masuk dalam komposisi tim.

“Alhamdulillah, anggaran dari KONI Jabar untuk pelaksanaan sentralisasi pelatda PON XX sudah dikucurkan. Meski kalau melihat kebutuhan, jelas tidak memenuhi karena kita mengikutsertakan atlet dan pelatih di luar kuota yang disediakan KONI Jabar,” katanya.

Berdasarkan hasil babak kualifikasi PON XX, tim karate Jabar sendiri berhasil meloloskan 15 kelas dari total 17 kelas yang dipertandingkan di PON XX tahun 2020. Dengan rincian, 3 kelas di nomor kumite putri, 5 kelas nomor kumite putra dan 4 kelas di nomor kata. Diluar nomor beregu.

“Untuk tim karate PON XX Jabar yang disiapkan dalam pelatda PON XX sebanyak 19 orang atlet karena kita mengikutkan 4 atlet cadangan. Ke-4 atlet cadangan ini, selain menjadi sparing partner bagi atlet inti juga meripakan atlet junior yang kita persiapan sebagai pelapis kedepan. Bukan tidak mungkin dari 4 atlet cdangan ini bisa masuk dalam komposisi tim inti jika ada atlet inti yang cedera,” tegasnya.

(Ageng)

Artikel Lainnya

Episode Terakhir Drama Korea Flower of Evil

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Drama Korea Flower of Evil yang di...

HJKB ke 210 akan Digelar Tanpa Kerumunan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan meniadakan kegiatan karnaval dan lomba di Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke 210 pada Jumat (25/9/2020) mendatang.  "HJKB akan...

Tidak Pakai Masker, 3 Orang Ini Disanksi Hormat Bendera

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tidak memakai masker di ruang publik, tiga pemuda di Kota Bandung disanksi menghormat bendera dan menyayikan lagi 'Indonesia Raya'. Tiga pemuda itu kedapatan tidak...

PTM di Kota Banjar Terancam Ditutup

BANJAR, FOKUSJabar.id: Proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di saat Pandemi terancam ditutup kembali. Hal itu menyusul terus meningkatnya pasien terkonfimasi virus corona di Kota...

Kayu Kuning Berkhasiat Sembuhkan Berbagai Penyakit

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kayu Kuning (Cuani) dipercaya banyak khasiatnya untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Demikian dikatakan pedagang Kayu Kuning, Abun. Menurut dia, tumbuhan ini sulit didapat...

Pegawai BRI Gelapkan Tabungan Nasabah Hingga Rp2,1 M untuk Judi Bola

MADIUN,FOKUSJabar.id: Tabungan 11 nasabah BRI cabang Dolopo, Madiun, Jatim, dikuras oknum pegawai berninisial RS. Total uang sebesar Rp2,1 milyar berhasil dikumpulkan RS dan digunakan...

PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya Jamin Air Bersih Cukup Hingga Kemarau

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat akan tetap aman dan mencukupi dalam memenuhi kebutuhan, untuk menghadapi musim kemarau nanti. Pelaksana...