spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Kembangkan Transportasi Massal, Pemkot Bandung Dibantu World Bank

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus mengupayakan beragam sarana transportasi dalam negeri untuk mengatasi kemacetan. Selain melakukan pengembangan terhadap transportasi masal, warga pun diharapkan semakin mudah bepergian.

    Untuk itu, Pemkot Bandung melakukan kajian terhadap bantuan angkutan massal dari World Bank (WB) dengan pengajuan dibangunnya Light Rail Transit (LRT).

    “Dari WB itu ada satu program termasuk dari pemerintah pusat untuk pengembangan transportasi massal di Kota Bandung. Dari 6 kota metropolitan yang ada di Indonesia, mudah-mudahan Bandung menjadi kota pertama untuk pengembangan transportasi massal yang dibantu oleh WB,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana usai menerima kunjungan dari World Bank di Balai Kota Bandung, Rabu (15/1/2020).

    Pihaknya juga meminta pembangunan transportasi massal berbasis kereta. Pasalnya, masyarakat cenderung ingin berpindah menggunakan transportasi massal kalau memang ketepatan waktunya terjamin. Kereta pun menjadi alat transportasi yang tepat dan hal tersebut pun sudah masuk dalam rencana WB.

    “Mereka telah merencanakan dibangunnya LRT dari Koridor Timur-Barat sama Utara Selatan. Jadi Gedebage ke Leuwi Panjang. Mudah-mudahan kita bisa meminta dari Leuwi Panjang – Cimindi atau dari Leuwi Panjang – Cibeurem. Sedangkan yang jalur Utara dari Babakan Siliwangi nyambung ke Leuwi Panjang. Intinya, jalur Utara – Selatan dan Timur – Barat, sudah tadi kita sampaikan,” jelasnya.

    Lebih lanjut Yana mengatakan, jumlah penduduk Kota Bandung bertambah pada siang hari. Di siang hari, jumlah penduduk Kota Bandung mencapai 3,7 juta jiwa, sementara jika malam hari ada diangka 2,5 juta jiwa.

    “Sehingga, potensi 1,5 juta jiwa penduduk luar Kota Bandung yang melakukan aktivitas dan kalau 23 persen saja bisa menggunakan ini (transportasi massal). Tiketnya mudah-mudahan bisa jadi murah,” tegasnya.

    (Yusuf Mugni/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img