spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    YMN Kembali ke Pelosok Bangunkan Masjid di Atas Bukit Karang Sewu

    GARUT, FOKUSJabar.id: Yayasan Masjid Nusantara (YMN) kembali ‘terjun’ ke pelosok untuk menjangkau umat menjalankan ibadah di masjid yang layak. Kali ini, masjid yang dibangun oleh tim YMN berada di Kampung Kalapeu, Desa Karang Sewu, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut.

    Selama kurun waktu satu bulan proses pembangunan, akhirnya masjid Taman Surga Sirojul Huda diresmikan, Selasa (7/1/2020). Menjadi kebahagiaan tersendiri bagi warga setempat yang sudah berpuluh tahun lamanya menantikan hadirnya masjid layak di kampung mereka.

    Masjid yang lokasinya berada di atas bukit ini sebelumnya dalam kondisi memprihatinkan. Ukurannya sempit tak lagi menampung jamaah. Masjidnya pun nyaris roboh karena dinding kayu yang sudah berlapuk. Namun, berkat kepedulian para donatur, masjid itu kini kokoh dan sangat nyaman untuk digunakan.

    Baca Juga: Eddie M Nalapraya Ingin Gelar Kejuaraan Pencak Silat Dunia Virtual

    Sebelum (kiri) dan Sesudah (kanan) masjid dibangun (istimewa/masjidnusantara.org)

    “Berkat penggalangan dana yang masif disebar secara online, alhamdulillah banyak donatur yang peduli dengan kondisi masjid di kampung ini, sehingga kami pun bisa menyambung amanah ini dengan membangunkan masjid untuk warga Karang Sewu. Harapan kami warga bisa memakmurkannya,” kata Direktur YMN, Pras Purworo seusai peresmian di lokasi pembangunan, Selasa (7/1/2020).

    Acara peresmian tak hanya dihadiri oleh tokoh masyarakat dan para perangkat Desa. Wakil Bupati Garut dr. H. Helmi Budiman turut hadir meluangkan waktunya untuk meresmikan masjid baru Sirojul Huda.

    Dalam kesempatan itu, Wabup Helmi mengatakan pentingnya keberadaan masjid di tengah masyarakat. Menurutnya, masjid bukan hanya sebagai simbol relegiusitas, juga sebagai pusat peradaban umat.

    “Selain sebagai tempat beribadah, keberadaan masjid juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk beberapa kegiatan, seperti musyawarah, pemberdayaan ekonomi masyarakat, hingga pengkajian ilmu,” kata Helmi.

    Dia juga mengingatkan akan pentingnya memakmurkan masjid. Pasalnya, masyarakat yang sejahtera menunjukkan masjid tersebut makmur.

    “Kalau masyarakat belum sejahtera, kita harus introspeksi, kira-kira kita sudah mensejahterakan masjid apa belum. Karena dengan masjid maka timbulah keberkahan yang insyallah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” tuturnya.

    Masjid Nusantara sendiri merupakan lembaga pembangunan masjid terkemuka di Indonesia. Masjid Taman Surga Sirojul Huda di Karang Sewu, Garut ini merupakan 1 dari 94 masjid yang telah YMN bangun di penghujung 2019 hingga awal 2020 ini. Upaya ini merupakan wujud konsistensi Masjid Nusantara untuk mengembangkan peradaban islam melalui masjid.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img