spot_img
Sabtu 16 Oktober 2021
spot_img
spot_img

Rectoverso Lafuture Jawab Tantangan Trend Hijab 2020

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Menjawab tantangan trand hijab 2020 Brand Fesyen Rabbani luncurkan desain busana dengan tema Rectoverso Lafuture sebuah desain fesyen hijab modern akan dihadirkan di tengah masyarakat.

Asisten Direktur Promo dan Marketing Rabbani, Ridwanul Karim mengatakan, model hijab terbaru Rabbani terinspirasi dari enam tokoh wanita yang menjadi panutan kaum muslimat. Keenam perempuan itu dinilai telah memberikan inspirasi karena memiliki satu kesamaan dan visi yang jelas.

“Sebut saja Khadijah binti Khuwailid, Fathimah binti Muhammad, Mariam binti Imran, Asiyah binti Muzahim, Khaulah binti Azur dan Balqis binti Azizi,” ujar Ridwanul, Sabtu (28/12/2019).

Menurut Ridwanul, ke-enam wanita tersebut tidak hanya menjadi inspirasi untuk masyarakat muslim. Namun juga dijadikan sebagai pegangan kaum muslimah dalam menyamakan visi berbusana melalui akhirat oriented.

Selain memiliki acuan dari Alquran dan hadits, fesyen ini memiliki target dan konsep yang jelas, sehingga akan tepat sasaran.

“Saya diamanahi untuk terlibat dalam konsep desain rabbani khususnya untuk tahun 2020. Kenapa 2020 dikonsenkan busana perempuan? Fashion muslim itu mengejarnya ke ramadhan. Makanya secara konsep juga kita atur di Januari-ramadhan terkonsep sehingga betul-betul terseri ketika berbusana,” ucapnya.

Tema Rectoverso Lafuture sendiri, kata Ridwanul, berasal dari kata Rectoverso. Di mana artinya yaitu sesuaru yang terlihat beda namun tetap dalam satu kesatuan.

“Kalau Lafuture itu ladies dan future, kita ingin berorientasi ke depan tapi yang diambil dari contoh yang sudah dijelaskan/ditetapkan wanita penghuni surga,” ucapnya.

Menurut Ridwanul, mau tidak mau yang namanya fesyen harus mengikuti tren atau keberlangsungan fesyen yang sedang berjalan. “Kita punya pakem 3 saja menutup aurat, nggak memperlihatkan bentuk tubuh dan nggak transparan,” ucapnya.

Sementara itu, Head Desainer Rabbani Asri Fazari selaku menambahkan, inspirasi busana ini sebagai penyesuaian karakteristik 6 wanita penghuni surga. Enam tokoh panutan inspirasi itu punya kesamaan taat kepada Allah dan menjadi acuan kaum muslimah.

“Kita kerucutkan jadi 6 style. Kalau sebelumnya konsumen Rabbani lebih milih bajunya, nah di tahun 2020 kita giring mereka karakternya seperti apa, terbentuklah karakter penghuni surga itu,” ujar Asri.

Asri menambahkan, karakteristik fasyen yang akan dipersembahkan pada 2020 itu mewakili dari keenam tokoh wanita tersebut. Yang pertama, Fatimah, dengan karakteristik smart look, sementara Sporty look diwakilkan oleh karakter Khaulah.

“Adapun Khadijah binti khuwailid, key diambil dari kesederhanaannya, dia bangsawan tapi sederhana, kita ambil key nya sederhana, dituangkan untuk busana daily, lebih minimalis cutting,” katanya.

Sedangkan untuk Asiyah Binti Muzahim, lebih menampilkan kesan syar’i. Hal itu sesuai dengan sosok istri dari raja Firaun tersebut yang dikenal sebagai wanita kuat. “Bahkan meninggal pun disiksa suaminya malah tesenyum. Akhirnya kita pakaikan dalam busana itu perpaduan warnanya tegas minimalis tapi longgar,” imbuhnya.

Sementara, untuk model Maryam binti Imran menampilkan murka yang melambangkan tidak suka menarik perhatian. Untuk model ini menawarkan motif polos yang lebih pada warna gelap dan motif printing.

” Sedangkan Balqis, printing desain inspirasinya antara burung hud-hud, Nabi Sulaiman, dan Ratu Balqis,” tuturnya.

(AS)

Artikel Lainnya

spot_img