spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Tangkal Penyakit Musim Hujan, Makan Buah Ini

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Desember 2019 ini musim hujan menjadi berkah setelah lama dilanda kemarau panjang. Sekitar satu minggu ini setiap hari wilayah Jawa Barat diguyur hujan.

    Memasuki musim hujan kita harus waspada. Selain waspada terhadap bencana banjir, angin besar, dan longsor, kita juga harus waspada terhadap penyakit yang biasa muncul di musim hujan.

    Pada musim hujan peyebaran penyakit juga sangat rentan, baik penyakit dari faktor udara, saluran pernapasan, virus, penyakit kulit, pencernaan, dan demam berdarah.

    Baca Juga: Pariwisata di Kota Bandung Bisa Buka, Ini Syaratnya

    Pendekatan pencegahan lebih baik daripada penanganan. Makannya kali ini FOKUSJabar.id ingin memberitahu pembaca salah satu makanan yang bermanfaat sebagai makanan penangkal penyakit di musim hujan.

    Buah Jambu Biji (guava). Buah ini selain enak dimakan langsung, dan dibuat jus, juga memiliki banyak nutrisi dan memiliki kandungan Vitamin C yang cukup banyak. Dikutip Alodokter dalam setiap 100 gram jambu biji mengandung sedikitnya 228 miligram vitamin C. Kandungan ini mengalahkan kandungan Vitamin C yang ada pada jeruk dengan jumlah yang sama. Dalam 100 gram buah jeruk hanya mengandung 53 miligram Vitamin C.

    Jambu biji juga mengandung serat, potasium, zat yang dapat melinguni sel, zink dan banyak lagi nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh manusia. Nutrisi yang terkandung pada jambu biji ternata dipercaya dapat membantu penyembuhan penyakit demam berdarah, flu dan pilek.

    Memakan jambu biji berarti kita banyak mengkonsumi Vitamin C.Vitamin ini harus dikonsumi tiap hari, karena bersifat larut air, dah mudah terbuah melalui urine. Ini cara mencegah dan membantu penyembuhan penyakit flu dan pilek.

    Selain Vitamin C jambu biji juga mengandung Vitamin E yang dapat mingnkatkan pertahanan tubuh dari infeksi dan penyakit kulit.

    Tidak hanya mengandung vitamin C saja, di dalam buah ini, juga terdapat kandungan vitamin A dan E yang memiliki fungsinya masing-masing. Memakan Jambu Biji juga membuat pusat pengatur sistem kekebalan tubuh lebih stabil karena mengandung Vitamin A.

    Nah pokoknya masih banyak lagi manfaat nutrisi yang terdapat pada Jambu Biji yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi di saat musim hujan. Selamat mencoba.

    (Deni)

    Berita Terbaru

    spot_img