spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Pariwisata di Kota Bandung Bisa Buka, Ini Syaratnya

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Setelah pusat perbelanjaan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana memberikan relaksasi pada sektor pariwisata. Hal itu dilakukan demi menggerakkan perekonomian di Kota Bandung.

    Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, sama seperti mal dan pusat perbelanjaan, tempat pariwisata pun harus menerapkan standar protokol kesehatan yang sangat ketat.

    “Standar yang paling penting, antrean harus physical distancing, ada tempat cuci tangan, termasuk tempat isolasi. Kalaupun ada wahana seperti di taman lalu lintas itu harus langsung dibersihkan disinfektan,” ujar Yana di Balai Kota, Jalan Wastukencana Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (15/6/2020).

    BACA JUGA: PSBB Proporsional Kota Bandung Diperpanjang Hingga 26 Juni

    Menurutnya, untuk tempat pariwisata seperti Taman Lalu Lintas, kemungkinan tidak boleh langsung membuka semua wahana yang ada.

    “Wahana itu sebenarnya jangan dulu, termasuk kantin. Itu tahapan berikutnya lah. Kalau kolam renang, ya itu saja (kolamnya saja). Di kebun binatang, ya di sana dulu. Taman lalu lintas pun hanya kereta dan sepeda, kalau yang lain belum, secara bertahap,” tuturnya.

    Untuk kapasitas, lanjutnya, sama halnya dengan mal dan pusat perbelanjaan yakni dibatasi 30 persen dari daya tampung keseluruhan.

    “Kalau kapasitas tetap 30 persen dulu, karena (Kota Bandung) masih zona kuning. Kita sudah (level) 5, tinggal satu angka lagi. Syukur-syukur bisa loncat ke (level) 7, jadi zona hijau,” ucapnya.

    Sebelumnya, Yana meninjau sejumlah tempat pariwisata di Kota Bandung. Diantaranya Kebun Binatang, Taman Lalu Lintas dan kolam renang Karang Setra. Ketiga tempat wisata itu dianggap mewakili wisata outdoor lainnya di Kota Bandung.

    Dari hasil peninjauannya, ketiga tempat wisata tersebut dinyatakan belum siap kembali beroperasi. Pasalnya, belum menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

    (Yusuf Mugni/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img