spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    PDIP Dorong Pemerintah Gencarkan Sosialisasi Pancasila

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: PDIP bakal bentuk rencana sosialisasi Pancasila yang digelar pemerintah secara rutin dan berkala. Hal tersebut dilakukan agar generasi milenial mulai pelajari Pancasila untuk diimplementasikan dalam keseharian mereka.

    Dalam diskusi terbuka, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Hasanuddin mengatakan, generasi milenial sudah menerapkan sejumlah ilmu yang di ajarkan oleh Bung Karno dalam kehidupan keseharian terutama dalam penerapan Pancasila yang sebenarnya.

    “Selain dalam berkarya mereka (generasi milenial) juga mempelajari kelahiran Pancasila yang dilakukan oleh bung Karno, sehingga tercipta semangat pemuda untuk menjaga kesatuan negara,” kata Hassanudin usai acara Sarahsehan Gandrung Persatuan di salah satu Cafe di jalan Pelajaran Pejuang, Jumat (21/6/2019).

    Hasanuddin menjelaskan, yang paling penting dari diskusi Pancasila ini adalah melibatkan pemuda dalam diskusi terbuka dengan suasana dan tempat yang santai.

    “Jadi bentuknya diskusi dari hati ke hati tanpa ada harus doktrin dan berikan mereka mengemukakan pendapatnya,” ujar Hasanuddin.

    Hasanuddin juga mengatakan, bahwa PDIP serius dalam menggalangkan sosialisasi tentang Pancasila, bahkan DPP lewat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) sudah merencanakan agenda besar untuk sosialisasi Pancasila ini dan kedepan harus menjadi program kementerian.

    “Rencana agenda ini harus menjadi rencana kementerian misalnya mentri pendidikan,” ujarnya.

    Jika sudah terprogram secara masif maka kata Hasanuddin, pengenalan falsafah Pancasila ini sangat harus di berikan kepada anak sekolah paling rendah hingga mahasiswa serta masyarakat luas.

    “Karena lewat pendidikan Pancasila dari pendidikan dasar adalah salah satu cara yang paling efektif menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya.

    (AS)

    Berita Terbaru

    spot_img