spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Trump Desak Kongres AS Loloskan Rp 79 T untuk Tembok Meksiko

    AMERIKA SERIKAT, FOKUSJabar.id: Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mendesak Kongres AS untuk meloloskan anggaran US$ 5,7 miliar setara Rp 79,3 trilyun tahun ini untuk membantu pembangunan tembok di perbatasan AS dan Meksiko.

    Seruan Trump tersebut disampaikan dari Ruang Oval Gedung Putih di Washington DC pada Selasa (8/1/2019) malam waktu setempat. Pidato ini disampaikan Trump sekitar 18 hari setelah pemerintahan AS tutup sebagian akibat mandeknya pembahasan anggaran karena Trump bersikeras mempertahankan anggaran pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko.

    dalam pidatonya, Trump yang menghadapi perlawanan dari Partai Demokrat soal tembok perbatasan AS-Meksiko, menyebut krisis keamanan saat ini sedang berkembang di perbatasan AS-Meksiko.

    Trump mengklaim bahwa para imigran ilegal dan narkoba yang mengalir masuk ke AS melalui perbatasan sebelah selatan memberikan ancaman serius bagi setiap warga AS.

    “Seberapa banyak lagi darah Amerika akan tertumpah sebelum Kongres melakukan tugasnya?,” ucap Trump dalam pidatonya yang disiarkan langsung via televisi, seperti dilansir CNN, Rabu (9/1/2019).

    “Kita kehabisan tempat untuk menahan mereka dan kita tidak punya cara untuk segera memulangkan mereka ke negara asal mereka,” tutur Trump.

    Diketahui bahwa Partai Demokrat dan pihak-pihak yang menentang tembok perbatasan AS-Meksiko, mengancam akan mengambil langkah hukum jika Trump menggunakan wewenang kepresidenannya.

    Mereka menyebut Trump menggunakan klaim-klaim palsu dan memicu krisis demi melaksanakan janji kampanye dalam pilpres 2016 untuk membangun tembok perbatasan yang saat itu disebut akan dibayar oleh Meksiko, yang telah menolak untuk membiayai tembok itu.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img