spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Kondisi Perekonomian Priangan Timur Aman dan Terjaga

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id : Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya menyampaikan kondisi perekonomian sepanjang tahun 2018 serta prospek ekonomi dan arah kebijakan BI di wilayah Priangan Timur 2019 mendatang.

    Hal itu dikatakan Kepala Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya, Heru Saptaji. Menurut dia, pertemuan tahunan tersebut merupakan bagian tanggung jawab BI kepada masyarakat dan stakeholder untuk menyampaikan kondisi perekonomian di daerah.

    ” Ini pertanggungjawaban kami kepada masyarakat untuk menyampaikan kondisi perekonomian. Kami evaluasi secara komprehensif, melakukan assessment dan analisa kondisi ekonomi saat ini sekaligus memproyeksi perekonomian untuk tahun mendatang. Dengan begitu, memberikan manfaat bagi pelaku dunia usaha, investor serta pelaku ekonomi di daerah,” ungkap Heru di Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

    Langkah-langkah stabilitas yang dilakukan BI bersama pemerintah tambah dia, kinerja dan pertumbuhan ekonomi di tahun 2018 relatif baik.

    ” Sejumlah kebijakan telah ditempuh. Baik dari sisi fiskal, sektor ril maupun moneter guna menyetabilkan perekonomian hingga secara global sampai akhir tahun 2018, pertumbuhan ekonomi mencapai sekitar 5,1 persen. Untuk wilayah Priangan Timur, pertumbuhan mencapai 5,8 persen. Ini menunjukkan pertumbuhan yang positif,” tambah Heru.

    Di sisi lain, tingkat inflasi khususnya di Priangan Timur relatif rendah dan masih berada di level aman sehingga tetap mendukung daya beli masyarakat.

    ” Hingga akhir November 2018 lalu, inflasi di Tasikmalaya lebih rendah dibandingkan inflasi Jawa Barat dan Nasional. Secara month to month, year to year dan year to date, inflasi tercatat sebesar 2,4 persen (yoy). Ini lebih rendah selama 5 tahun terakhir,” tuturnya.

    Heru pun menjelaskan, terjaganya tingkat inflasi di level aman, hasil dari koordinasi dan sinergi yang terbangun antara BI dan Pemerintah Daerah serta stakeholder lainnya dalam mengimplementasikan program-program tim pengendalian inflasi daerah (TPID).

    ” Kita bisa katakan dengan inflasi yang tetap rendah dan terkendali menunjukkan bahwa dengan kerja cerdas dan kerja nyata dari semua pihak, kita optimis perekonomian di Priangan Timur terus meningkat lebih baik untuk tahun-tahun ke depan,” pungkasnya.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img