spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Komisi Trump Rekomendasikan Para Guru di sekolah Dipersenjatai

    AMERIKA SERIKAT, FOKUSJabar.id: Panel keselamatan yang dibentuk Presiden Amerika Serikat, Donald Trump merekomendasikan sekolah-sekolah mempersenjatai para staf  serta menempatkan veteran militer sebagai penjaga keamanan.

    Rekomendasi itu disampaikan dalam laporan setebal 180 halaman yang dirilis Selasa (18/12/2018) waktu setempat.

    Dalam laporannya, komisi itu menolak seruan untuk meningkatkan batasan minimum dalam syarat pembelian senjata api di AS. Komisi itu berargumen bahwa kebanyakan pelaku penembakan di sekolah-sekolah AS mendapat senjata api dari keluarga atau teman.

    Rekomendasi yang disampaikan komisi itu malah menyarankan untuk mempersenjatai para staf sekolah, bahkan para guru dalam situasi-situasi khusus.

    “Demi merespons kekerasan secara efektif dan dengan segera,” sebut komisi itu dalam laporannya, seperti dilansir Detik.

    Namun, Rekomendasi komisi itu menuai kecaman dari Serikat Kebebasan Sipil Amerika (ACLU).

    “Pemerintahan Trump mengeksploitasi tragedi untuk membenarkan pencabutan perlindungan hak-hak sipil anak-anak sekolah, meskipun kurangnya bukti yang mengaitkan reformasi disiplin sekolah dengan penembakan di sekolah,” sebut ACLU dalam pernyataannya.

    Panel Komisi Federal Keselamatan Sekolah yang dipimpin oleh Menteri Pendidikan Betsy DeVos, dibentuk setelah terjadi pembantaian massal di sekolah Parkland, Florida pada Februari lalu. Saat itu, seorang bekas siswa sekolah itu menembak mati 17 orang yang memicu protes besar-besaran di AS.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img