spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Lagi, Kelompok Tani Ciamis Terima Bibit Kopi Arabika dari Pemprov Jabar

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Kelompok Tani Srimukti Desa Sukamanah, Kabupaten Ciamis, kembali mendapat sumbangan bibit kopi Arabika dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat dalam peringatan Hari Perkebunan ke-61 di Gedung Sate, Jalan Dipoenogoro, Kota Bandung, Senin (10/12/2018).

    “Kami sudah tiga kali berturut-turut mendapat bantuan bibit kopi dari Gubernur Jawa Barat dari tahun 2016, -2018,” ucap Pengurus Kelompok Tani Sarimukti Ciamis Dede Wahyu.

    Dede berharap, pemberian bibit kopi ini bisa menjadikan Kabupaten Ciamis lebih maju dalam produk kopi. Sehingga memberikan daya dongkrak untuk kemajuan perekonomian di Kabupaten Ciamis.

    Pemberian bibit kopi secara simbolis kepada tiga kelompok tani (gapoktan) Jawa Barat, diantaranya Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Garut.

    Sementara itu, Sekda Jabar Iwa Karniwa mengaku bahwa dalam beberapa tahun terakhir, popularitas kopi Jabar sangat pesat, bahkan hingga ke level dunia. Hal ini tentu mendorong Pemprov Jabar untuk terus secara kreatif membangun dan memperkenalkan kualitas kopi Jawa Barat.

    “Ini merupakan potensi yang harus terus dikembangkan. Dalam beberapa tahun terakhir kopi Jawa Barat berhasil meraih penghargaan bergengsi di dunia. Salah satunya dua tahun lalu meraih skor tertinggu dalam event festival kopi di Atlanta, Amerika Serikat,” papar Sekda Iwa.

    Indonesia saat ini berada diperingkat empat produsen kopi dunia dengan jumlah produksi sebesar 600 ribu ton atau sekitar 6,6 persen dari produksi kopi dunia. Masih kalah dari Vietnam yang menduduki peringkat dua produsen kopi dunia dengan produksi 1,53 juta ton atau sekitar 16 persen dari produksi kopi dunia.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img