spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Masjid Nusantara Bangun “Maskot” untuk Korban Bencana Palu

    PALU, FOKUSJabar.id:  Bencana Gempa, Tsunami dan Likuifaksi yang melanda Kota Palu dan sekitarnya beberapa waktu lalu, mengakibatkan banyak rumah warga dan fasilitas publik hancur. Masjid-masjid megah pun dibuat retak bahkan rata dengan tanah.

    Untuk itu, Masjid Nusantara – sebuah lembaga pembangunan masjid terkemuka di Indonesia, bergerak cepat bersama relawan untuk membangun masjid-masjid darurat di sejumlah titik posko darurat di Kota Palu dan sekitarnya. Masjid tersebut dinamakan Maskot (Masjid Sehat Korban Tragedi – Gempa & Tsunami Palu).

    Manajer program Masjid Nusantara, Hilman Abdurrachman mengatakan bahwa pihaknya telah membangun empat Maskot yg tersebar di sejumlah titik Kota Palu. “Salah satunya di pelataran Masjid terbesar di Sulawesi Tengah, yaitu Masjid Agung Darussalam,” kata Hilman.

    Menurut Hilman, sejak pertama kali didirikan pada pekan lalu, Maskot Masjid Nusantara ramai digunakan warga pengungsi untuk shalat berjamah 5 waktu. Selain itu, masjid darurat itu juga dimanfaatkan sebagai tempat mengaji bagi anak-anak pengungsian korban bencana.

    “Alhamdulilah, Maskot Masjid Nusantara telah memberikan banyak manfaat bagi para pengungsi korban bencana Palu,” jelasnya.

    Lokasi Pembangunan ‘Maskot’ di pelataran area Masjid Agung Darussalam, Palu (Fokusjabar/Vetra)

    Masjid Agung Darussalam sendiri merupakan masjid terbesar di Kota Palu. Sayangnya, Masjid megah ini nyaris rubuh akibat gempa bermagnitudo 7,4 pada Jumat 28 September lalu. Akibatnya, warga sekitar tak lagi bisa memanfaatkan masjid tersebut. Kini, masjid tersebut hanya sebagai tempat pusat pengungsian memanfaatkan areal halamannya yg luas.

    “Sebelum kita mendirikan Maskot, para pengungsi ini menuaikan shalat berjamaah di trotoar. Alhamdulillah, kini mereka bisa beribadah dengan nyaman dengan adanya Maskot masjid darurat yang kita buat,” ungkap Hilman.

    Selain di lokasi tersebut, Maskot Masjid Nusantara juga didirikan di Jl. Sungai Manonda Lorong Buvundala, di Jl. Soeharto Kec. Palu selatan Kel. Petobo kota Palu, dan di pelataran masjid Baiturahman (Grand Mall).

    Saat ini, Masjid Nusantara juga membuka donasi untuk membangun kembali Masjid-Masjid yang hancur dan rusak akibat bencana di Palu. Upaya ini juga merupakan wujud konsistensi Masjid Nusantara untuk mengembangkan peradaban Islam melalui masjid.

    Mari Kuatkan Hati Para Umat dengan Bangun Kembali Masjid-Masjid yang rubuh di Palu & Donggala. Donasi langsung:

    BSM 706 6116 616
    Mandiri 131 001 0933 135
    BCA 437 333 3151
    A.n. Yayasan Masjid Nusantara

    Konfirmasi donasi: SMS/WA 0851 0766 6665

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img