spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Walhi Minta Ridwan Kamil Tambah Program Penanganan DAS

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Barat menyayangkan kurangnya program pelestarian lingkungan dari Gubernur Jabar terpilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. Dari sembilan program Rindu, hanya ada dua yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan. Demikian diungkapkan Direktur Walhi Jabar Dadan Ramdan di di Sekretariat Walhi Jabar, Kota Bandung, Selasa (24/7/2018).

    “Hanya Citarum Kita Juara kemudian konservasi kawasan lindung kelola sampah, hanya itu saja, dan tidak masuk ke dalam program unggulan RK,” kata Dadan.

    Menurut dia, seharusnya Ridwan Kamil jangan hanya memasukan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum saja ke dalam program optimalisasi revitalisasi DAS. Sebab, kata dia, di Jabar ini ada 40 DAS yang semuanya dalam kondisi kritis.

    Dia berharap, Ridwan Kamil menambah program penanganan DAS di Jabar, karena permasalahan pencemaran DAS tidak hanya terjadi di Citarum.

    “Kami berharap Pak Ridwan Kamil menambah program DAS di Jabar. Ada 40 DAS yang masuk ke wilayah tanggung jawab Provinsi Jabar. Kalau bicara konservasi seharusnya semua DAS, karena saat ini kondisi DAS yang ada di Jabar kritis,” jelas dia.

    Untuk diketahui, berikut sembilan program Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum saat masih berkampanye calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Pilkada Serentak 2018:

    Laja (lapangan pekerjaan), Semur (sembako murah), Jamu (jalan mulus), Opak (One Product at One Kampung), Wajit (pariwisata jitu), Cikur (Citarum kita juara), Talas (petani dan nelayan sejahtera), Lemper (lembur penuh listrik), dan Bubur (buruh bisa makmur).

    (Ibenk/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img