spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Produsen Tarik 27 Merk Ikan Makarel Bercacing

    JAKARTA, FOKUSJabar.id : Sejumlah produsen produk makanan ikan makarel bercacing akan menarik produk makanan berkaleng dari pasaran.

    Penarikan tersebut merupakan respon dari instruksi BPOM setelah ditemukan Cacing dalam 27 merk ikan makarel kaleng.

    Melansir CNN, Jumat (30/3/2018), Sekretaris Perusahaan PT Central Proteina Prima (CPP), Armand Ardika mengatakan, akan mengikuti instruksi apapun dari BPOM. Namun bukan berarti produk Fiesta Seafood Mackerel tidak aman untuk dikonsumsi.

    “BPOM mau ngomong begitu (Fiesta Seafood Mackarel bercacing), silakan. Minta tarik, kami tarik. Tapi jangan salah, produk kami sudah melewati proses HACCP SNI dan sudah dicek oleh badan karantina KKP,” kata Armand , Kamis (29/3/2018).

    Sementara itu, PT Heinz ABC Indonesia yang merupakan produsen ABC Mackereljuga mengungkapkan hal serupa.

    “Perusahaan kami selalu menjunjung tinggi integritas dan menempatkan konsumen sebagai yang utama, di mana tindakan melakukan penarikan produk ABC Makarel secara sukarela dari pasar merupakan bukti nyata dari penerapan nilai-nilai tersebut,” tulis PT Heinz ABC Indonesia.

    Armand menjelaskan sampai saat ini belum ada kepastian teknis dari BPOM terkait tindak lanjut mengenai durasi penarikan produk, jumlah produk yang ditarik, sampai perbaikan yang harus dilakukan.

    Sebelumnya, Kepala BPOM Penny Lukito menginstruksikan bagi produsen, distributor, ataupun importir produk ikan makarel kaleng yang mengandung cacing parasit untuk menyetop penjualan.

    “Kami instruksikan penghentian sementara impor dan produksi sampai ada audit yang lebih besar,” kata Penny.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img