spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Peringati Hari Tuberculosis Sedunia, Dinas Kesehatan Ciamis Gelar Tiga Kegiatan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis gelar beberapa kegiatan untuk memperingati Hari Tuberculosis (TB) Sedunia, Sabtu (24/3/2018). Ada tiga jenis kegiatan yakni, Pelatihan Kader TB, Kampanye untuk Penemuan Kasus TB Dini dan Kunjungan Rumah TB Mangkir.

    Kegiatan peringatan TB sedunia disebar di setiap Puskesmas di Kabupaten Ciamis. Alasan dilaksanakannya kegiatan itu karena TB merupakan penyebab kematian ke-3 terbanyak di Indonesia.

    “Diperkirakan pada tahun 2008, ada 535 ribu kasus baru (orang terserang TB), dan dari kasus tersebut 88.113 orang meninggal karena TB,” ujar Pengelola HIV/AIDS dan PIMS Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Nova Dahliana di Ciamis, Sabtu (24/3/2018).

    Dia menjelaskan, dulu TB dikenal dengan TBC, adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium tuberculosis). Sebagian besar kuman TB menyerang paru-paru, tetapi dapat juga menyerang organ atau bagian tubuh lain misalnya tulang, kelenjar, kulit, dan lain-lain.

    “TB dapat menyerang siapa saja, terutama usia produktif atau masih aktif bekerja, usia 15-50 tahun dan anak-anak. Bahkan TB dapat menyebabkan kematian apabila tidak diobati, 50% dari pasien TB akan meninggal setelah 5 tahun,” kata Nova.

    Dia juga menjelaskan, pengobatan TB membutuhkan waktu lama, terbatasnya informasi mengenai TB dan masih adanya stigma tentang TB di masyarakat, efek samping obat, sehingga ada kemungkinan pasien tidak patuh dalam menelan obat.

    “Untuk mengatasi masalah tersebut, peran masyarakat sebagai kader kasehatan sangatlah penting dalam hal
    pendampingan di masyarakat untuk menurunkan angka putus berobat dan meningkatkan kesembuhan serta penemuan kasus TB di wilayahnya,” pungkas Nova.

    (Ibenk/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img