spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    Hindari Berteduh ‎di Bawah Pohon saat Hujan Deras, Ini Pesan Diskar PB Kota Bandung

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung ‎mengimbau masyarakat untuk waspada dan tidak berteduh di bawah pohon saat hujan deras.

    Hal tersebut seiring dengan banyaknya kejadian pohon tumbang yang terjadi saat hujan deras mengguyur Kota Bandung.

    Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Diskar PB Kota Bandung, Sihar Sitinjak menuturkan, ‎Jumat (2/3/2018) sekitar pukul 14.00-15.30 WIB, terdapat tiga kejadian pohon tumbang yang ditangani tim rescue Diskar PB Kota Bandung.

    Yakni di depan Factory outlet Heritage, Jalan LLRE Martadinata (Riau), di dekar pasar Sadar Serang, Jalan Sadang Serang dan di area SDN 008 Moch Toha, Jalan Moch Toha.

    ” Untuk menanggulangi pohon tumbang di tiga lokasi tersebut, kita menurunkan dua unit rescue ditambah unsur bantuan dari DPKP3,” ujar Sihar melalui sambungan telpon, Jumat (2/3/2018)‎.

    ‎Dari tiga kejadian tersebut, kejadian pohon tumbang di depan factory outlet Heritage menjadi yang terbesar. ‎Pohon tumbang tersebut menimpa dua unit mobil hingga mengalami kerusakan di bagian depan.

    ” Untuk menangani kejadian pohon tumbang di Jalan Riau tersebut, kita menurunkan satu regu rescue yang berjumlah lima orang. Kita pun harus menggunakan chainshaw‎ karena ukuran batang pohon yang besar. Kalau untuk korban, tidak ada korban hanya penumpang mobil mengalami shock,” terangnya.

    Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan DPKP3 untuk mengantisipasi pohon yang rawan tumbang. Personel kita yang sudah terlatih pun siap meluncur ke lapangan jika terjadi kejadian bencana pohon tumbang.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img